Usai EURO 2020, Joachin Loew Tinggalkan Timnas Jerman

Usai EURO 2020, Joachin Loew Tinggalkan Timnas Jerman

Liga Cacing – Berita Bola – Pelatih Tim Nasional Jerman, Joachim Loew menyebut jika dirinya bakal meninggalkan Die Mannschaft pasca gekaran EURO 2020 di musim panas mendatang. Mengapa begitu?

Loew, 61 tahun merupakan pelatih Jerman yang sarat akan prestasi ia mampu membawa Mario Gotze dan kolega menjuarai Piala Dunia 2014. Gelar tersebut menjadi gelar keempat Jerman di ajang yang sama. Namun setelah itu, sang pelatih belum membawa Jerman kembali berjaya.

Di gelaran EURO 2016, Jerman hanya mampu menembus fase semifinal. Dalam gelaran Piala Konfederasi setahun berselang, ia membawa Jerman juara Piala Konfederasi. Setelahnya, di Piala Dunia 2018, Jerman babak belur dan tak mampu lolos dari fase grup.

Meski terbilang inkonsisten dalam membawa die mannschaft berprestasi, federasi tetap memberinya kontrak hingga 2022 mendatang. Nmun Loew tak akan menyelesaikan kontraknya hingga waktu yang telah ditentukan. Ia dan federasi sepakbola Jerman sudah sepakat bakal berpisah pasca EURO 2020 ini.

“Joachim Low akan mengakhiri pekerjaannya sebagai pelatih nasional usai Kejuaraan Eropa pada musim panas 2021,” demikian pernyataan DFB di laman resmi mereka untuk mengonfirmasi Low akan mundur dari posisinya.

“Tim nasional diminta untuk mengakhiri kontraknya, yang semua berlaku hingga Piala Dunia 2022, segera setelah selesainya turnamen Kejuaraan Eropa. DFB menyetujui itu.”

Baca Juga:

Sang pelatih pun merasa bangga sudah menjadi bagian dari Timnas Jerman dalam 15 tahun terakhir. Loew sempat menjadi asisten pelatih Jurgen Klinsmann sebelum dipercaya menjadi pelatih utama selepas Piala Dunia 2006 lalu.

“Saya mengambil langkah ini dengan sangat sadar, dengan penuh kebanggaan dan rasa syukur yang sangat besar, tapi di saat yang sama terus menjadi sangat termotivasi ketika datang ke turnamen Kejuaraan Eropa yang akan datang,” ujar Low.

“Bangga, karena itu adalah sesuatu yang istimewa dan suatu kehormatan bagi saya untuk terlibat dengan negara saya. Dan, karena saya bisa bekerjasama dengan pesepakbola-pesepakbola terbaik di negara selama hampir 17 tahun dan mendukung mereka dalam hal perkembangan.

“Saya meraih kemenangan besar bersama mereka dan kekalahan yang menyakitkan, tapi di atas semua itu, banyak momen yang indah dan magis, tidak hanya memenangi Piala Dunia 2014 di Brasil. Saya akan tetap berterima kasih kepada DFB, yang selalu memberi saya dan tim dengan lingkungan kerja yang ideal.”

Sejauh ini, ada beberapa nama yang digadang menjadi kandidat pelatih Timnas Jerman selanjutnya yakni Jurgen Klopp, Jurgen Klinsmann. Pelatih RB Leipzig Julian Nagelsmann, pelatih Bayern Hansi Flick, dan mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger.

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net