Terkait Isu Merjer dengan MLS, Begini Respon Federasi Sepakbola

Terkait Isu Merger dengan MLS, Begini Respon Federasi Sepakbola Meksiko

Liga CacingMLS – Presiden Federasi Sepakbola Meksiko (FMF), Yon de Luisa membuka kemungkinan merger antara Liga MX dan Major League Soccer pasca respon positif dari presiden FIFA, Gianni Infantino terkait proyek ini beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Infantino menyebut jika gagasan merger antara MLS dan MX bisa menimbulkan kompetisi yang luar biasa dan menjadi ajang pembuktikan bagi para pemain top dari luar Eropa untuk membuktikan kelasnya di sana sekaligus memajukan sepakbola Amerika Utara di mata dunia.

Dalam press conference yang akan dihelat pada Selasa lalu, Luisa memang tengah berkomintmen membangun kerjasama interns antara Meksiko, Amerika Serikat dan Kanada. Kebetulan, ketiga Negara sempat sukses menjalin kerjasama untuk menggelar Piala Dunia 2026 di ketiga tempat tersebut.

“Bedasarkan respon Infantino. Saya percaya apa yang kami kerjakan dalam beberapa waktu terakhir bersama tiga parner kami berjalan baik,” ungkap De Luisa dalam keterangan tertulisnya. “Pada 2018, ketika kami mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah, sinergi kami bertiga berjalan baik dibanding harus berjalan sendiri-sendiri,” tambahnya.

Poin dari pertemuan yang membicarakan terkait kemungkinan bersatunya Liga MX dan MLS pasca Piala Dunia 2026 memang tengah digaungkan. Namun De Luisa mengaku berhati-hati untuk menyampaikan ide terkait marger penuh dari kedua belah pihak. Ia merasa MX dan MLS akan membangun berbagai proyek bersama di masa depan.

Baca Juga:  Ada insiden Patah Kaki dalam Lanjutan Liga Vietnam

Sejauh ini, dua kompetisi tersebut sudah menandatangani perjanjian turnamen Campeones Cup. Dalam turnamen tersebut, juara MLS Cup dan Mexican Supercup bakal bertemu juara kompetisi masing-masing dalam turnamen berskala kecil pada 2023 mendatang.  Nantinya, Campeones Cup akan berfungsi sebagai ajang kualifikasi CONCACAF Champions League.

“Ada banyak proyek yang bagus antara MLS dan Liga MX. Berbagai ide menarik diharapkan bisa disetujui di masa mendatang,” ungkap De Luisa. “Kami juga akan menggodok apakah nantinya proses merger akan menghadirkan piala atau liga baru yang memungkinkan perkembangan sepakbola Amerika Utara bakal berjalan ke arah yang lebih baik untuk kepuasan penggemar sepakbola Amerika Serikat dan Meksiko nantinya,” tutup De Luisa

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net