Tak Kalah Dari Eropa, Inilah 5 Stadion Sepakbola Terbesar di Asia

Tak Kalah Dari Eropa, Inilah 5 Stadion Sepakbola Terbesar di Asia

Liga Cacing – Berita BolaAsia tak hanya menajdi pusat market sepakbola bagi para tim Eropa untuk mendulang uang dari hasil penjualan merchandise maupun hak siar tayangan sepakbola. Beberapa Negara di Asia nyatanya juga memiliki Stadion sepakbola yang tak kalah dari tim Eopa. Di mana saja itu?

Sudah bukan rahasia jika Sepakbola menjadi salah satu olahraga terfavorit di Asia setelah setelah bulu tangkis, basket hingga kriket. Di berbagai Negara, kompetisi sepakbolanya terbilang fantastis. Chinese Super League misalnya. Beberapa klub asal  Negeri Tirai Bambu tak segan mengeluarkan dana yang melimpah untuk mendatangkan sederet pemain bintang ke sana.

Beberapa kompetisi di luar Chinese Super League juga banyak ditunggu. J-League misalnya. Kompetisi asal Jepang ini bahkan pada musim lalu sempat disiarkan di 31 negara di seluruh dunia. Jumlah penonton via televisi bahkan naik sebesar 32 persen dibanding musim sebelumnya.

Tak hanya itu, berbagai bibit pesepakbola juga kerap dijumpai di Korea Selatan atau Jepang. Dua negera tersebut merupakan Negara Asia yang kerap intens mengirimkan bakat terbaiknya guna mentas di Benua Biru..

Baca Juga: Baru Pekan Pertama, Ulsan Hyundai Catatkan Rekor di K-League

Selain keriuhan kompetisi dan para bibit Asia yang kerap mentas di Erupa, tersemat pula lima Stadion terbesar yang ada di Asia. Bahkan boleh dibilang, kehadiran Stadion-stadion ini tak kalah untuk bersaing dengan Stadion megah di Eropa dari segi daya tampung penonton di Stadion. Di Negara mana sajakah Stadion di Asia itu berada? Berikut daftarnya.

  1. Rungdano May Day Stadium (Korea Utara)

Stadion yang berlokasi di Pyongyang, Korea Utara resmi dibuka pada 1 Mei 1989. Stadion ini memiliki kapastias tak kurang dari 150 ribu tempat duduk dan kerap dipakai sebagai homebase timnas Korea Utara. Selain digunakan untuk kegiatan sepakbola, Stadion ini juga biasa digunakan untuk kegiatan politik di Negeri pimpinan Kim Jong-un.

  1. National Stadium (Malaysia)

Berlokasi di Kuala Lumpur, Stadion yang berlokasi di Bukit Jalil ini mulai diperkenalkan ke publik pada 11 September 1996. Stadion ini kerap digunakan sebagai homebase Timnas Malaysia. National Stadium mampu menampung hingga 87.411 penonton dan membuat Stadion ini menjadi Stadion keempat terbesar di Asia.

  1. Gelora Bung Karno (Indonesia)

Gelora Bung Karno atau biasa disebut GBK merupakan Stadion terbesar yang ada di Indonesia. Dibangun pada thaun 1962 dengan budget sebesar 19.5 juta Dollar, Stadiuon ini memiliki kapasitas sebesar lebih dari 88 ribu penonton dan menjadi satu dari 10 Stadion besar yang ada di Asia.

Timnas Indonesia kerap menggunakan stadion ini dalam laga kandang mereka. Selain Timnas, Stadion ini pernah digunakan oleh Persija Jakarta dan menggelar berbagai kegiatan lain di luar sepakbola seperti kampanye politik maupun konser musik.

  1. Azadi Stadium (Iran)

Negeri 1001 malam memiliki Stadion besar dalam wujud Azadi Stadium. Salah satu tim berprestasi asal Iran, Esteghlal menggunakan Stadion berkapasitas lebih dari 84 ribu penonton sebagai kandang mereka. Dalam debry Tehran melawan Persepolis, Azadi Stadium menjadi venue yang lumayan intimidatif untuk tim lawan.

  1. Shah Alam Stadium (Malaysia)

Tim tradisional Malaysia, Selangor FA menjadikan Shah Alam Stadium sebagai kandang mereka. Stadion dengan kapasitas lebih dari 80 ribu penonton ini resmi dibuka pada 1994 lalu. Selain digunakan oleh Selangor, Timnas Malaysia juga kerap menggelar berbagai pertandingan berskala Internasional maupun uji coba di Stadion ini.

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net