Sun: Pelatih Asing di Chinese Super League Hanya Datang Demi Uang

Sun: Pelatih Asing di Chinese Super League Hanya Datang Demi Uang!

Liga Cacing – Berita Bola – Legenda Manchester City asal China, Sun Jihai menilai banyaknya pelatih asing yang hadir di Chinese Super League hanya karena uang. Menurut Sun, mereka tak membantu usaha China untuk mendulang Piala Dunia.

Ungkapan Sun bukannya tanpa dasar. Hal tersebut muncul pasca kedatangan Slaven Bilic sebagai pelatih Beijing Guoan. Menurut Sun, kehadiran pelatih asal Kroasia ke tim Ibu Kota tak lepas dari faktor uang semata.

Kehadiran Bilic menjadi pelatih seakan menambah daftar panjang juru taktik asing yang sudah menangani tim-tim asal Negeri Tirai Bambu. Sebelumnya, Fabio Cannavaro sudah melatih Guangzhou Evergrande dan Rafael Benitez tengah mengarsiteki Dalian Pro.

“Kehadiran pelatih asing di China sangat sederhana. Mereka datang karena uang,” ungkap Sun seperti diwartakan Japantimes. “Jika bukan karena uang, untuk apa mereka datang? Apakah mereka membantu meningkatkan level sepakbola China? Apa yang sudah mereka lakukan untuk sepakbola di sini?” ungkapnya penuh tanya.

Selain kehadiran pelatih asing, Sun juga mengkritisi kebijakan tim asal CSL yang tak gentar mendatangkan pemain depan dengan bandrol selangit. Beberapa waktu lalu, Shanghai SIPG sukses mendatangkan Oscar dengan mahar tak kurang dari 60 juta euro. Namun hal tersebut tak akan terjadi pasca adanya pembatasan gaji yang bakal diterapkan China Football Association (CFA) beberapa waktu lalu.

“Banyak tim Cina yang berpikir pemain asing hanya digunakan untuk menyerang, tidak untuk bertahan. Namun hal tersebut bukanlah sepakbola. Hal tersebut memang bisa memuat anda menang namun bukan kesana arah yang kita inginkan,” tambahnya.

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net

Leave a Reply