Pemainnya Terkena Kasus Doping, Begini Pembelaan Ajax Amsterdam

Pemainnya Terkena Kasus Doping, Begini Pembelaan Ajax Amsterdam

Liga CacingEredivisie – Kiper Ajax Amsterdam, Andre Onana terancam dihukum satu tahun laragan bermain lantaran terlibat kasus doping. Namun Ajax siap mengajukan banding kepada pemainnya tersebut

Sebelumnya, Onana sendiri dinyatakan positif doping lantaran ditemukan zat furosemide dalam urinya sesaat setelah tes dilakukan pada Oktober 2020 lalu. Kini, ia dihadapkan pada hukuman larangan tampil yang mulai diberlakukan pada Jumat (5/2) kemarin. Namun Ajax mengklaim jika Onana tak sengaja meminum obat yang diresepkan kepada istrinya.

“Pada pagi hari tanggal 30 Oktober, Onana merasa tidak enak badan. Dia ingin minum pil untuk meredakan ketidaknyamanan tersebut. Namun, tanpa disadari, dia mengonsumsi Lasimac, obat yang telah diresepkan istrinya sebelumnya,” bunyi pernyataan Ajax dilansir dailystar.co.uk.

UEFA sendiri terbuka dengan banding yang diinginkan Ajax. Namun mereka merasa Onana tetap cerobooh dalam kasus tersebut dan kiper asal Kamerun dipersilahkan mengajukan banding ke pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS)

Baca Juga:

“UEFA percaya, berdasarkan aturan anti-doping yang berlaku, bahwa seorang atlet memiliki kewajiban setiap saat untuk memastikan bahwa tidak ada zat terlarang yang masuk ke dalam tubuh. Onana dan Ajax akan mengajukan banding atas keputusan tersebut ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS),” terang pernyataan UEFA.

Andai hukuman resmi dijatihkan, Onana baru bisa bermain pada Februari 2022 mendatang. Ia bakal melewatkan seluruh pertandingan domestik Ajax dan kans membela negarany di Piala Afrika Januari tahun depan. Direktur Olahraga Ajax, Van der Sar menilai hukuman 12 bulan sangat membuat klub dan Onana terpukul. Ia berharap pengajuan banding kepada CAS bisa meringankan beban sang pemain dan klub yang dibelanya.

“Ini adalah kabar buruk bagi Onana dan juga bagi kami sebagai klub. Dia adalah penjaga gawang top, yang telah membuktikan kemampuannya untuk Ajax selama bertahun-tahun dan sangat populer di kalangan penggemar. Kami berharap untuk suspensi bersyarat atau untuk suspensi yang jauh lebih pendek dari 12 bulan,” papar Van der Sar.

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net

Leave a Reply