Main Sebagai Winger, Asnawi Mangkualam Akui Masih Canggung

Main Sebagai Winger, Asnawi Mangkualam Akui Masih Canggung

Liga CacingK League 1Asnawi Mangkualam mengaku masih canggung untuk peran sebagai penyerang sayap dalam skema Ansan Greeners besutan Kim Gil-sik. Hal tersebut mau tak mau membuatnya harus banyak beradaptasi dengan peran barunya itu.

Perubahan posisi sejatinya bukan hal baru bagi Asnawi. Ia memulai karir sebagai gelandang tengah dengan tipikal box-to-box. Namun kala mentas di Timnas U-19 besutan Indra Sjafri, ia mulai ditempatkan sebagai fullback kanan. Posisi tersebut pada akhirnya membuat dirinya merasa nyaman. Namun untuk bisa tampil prima di pos tersebut, banyak adaptasi yang harus ia lakukan.

Sejauh ini, eks punggawa PSM sudah memainkan tiga peran berbeda saat mentas di Korea. Ia sempat menempati posisi fullback, wing back dan penyerang sayap. Untuk pos terakhir, ia merasa masih belum nyaman memainkan perannya.

“Kalau nyaman, memang belum. Posisi di winger belum, harus adaptasi lagi di posisi baru. Harus tahu kapan naik-turun, kapan membawa bola dan kapan mengumpan. Butuh adaptasi, tidak bisa instan,” ujar Asnawi via Instagram PSSI, seperti diwartakan Goal indonesia.

Baca Juga:  Prediksi Liga Cacing: Gangwon FC vs Ulsan Hyundai

“Sama seperti dahulu, dari gelandang ke bek kanan. Butuh adaptasi juga saat pertandingan, biar menyatu dengan teman-teman lain,” singkat mantan andalan PSM Makassar ini. “Saya tidak masalah dipasang di mana pun. Bagus buat saya dan bisa belajar. Dengan banyak posisi, bisa saja ‘oh, Asnawi bisa main di banyak posisi dan kita ambil’. Kalau cuma satu posisi mungkin klub mikir. Kalau bisa di banyak posisi bisa dapat klub bagus,” urainya.

Saat ini, sang pemain tengah mengalami cedera hamstring yang memaksanya harus absen mentas bersama the Green Wolves. Terbaru, ia harus absen dalam laga Ansan melawan FC Anyang yang dimenangkan timnya dengan skor tipis 3-2, Minggu (9/5) malam.

Terdekat, ia bakal bertolak ke Uni Emirat Arab guna melakoni pemusatan latihan di Timnas Indonesia pada 18 Mei mendatang sebagai persiapan untuk menyongsong pra Piala Dunia 2022 yang akan dihelat pada awal Juni nanti.

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net