Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Malaysia Resmi Naturalisasi Pemain asal Belgia

Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Malaysia Resmi Naturalisasi Pemain asal Belgia

Liga CacingMalaysia Super League – Jelang kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Malaysia kedatangan tenaga anyar. Dion Cools, yang sebelumnya bermain untuk Timnas U-21 Belgia resmi dinaturalisasi.

Nama pemain yang sempat memperkuat Club Brugge itu masuk dalam daftar skuat Malaysia untuk mengikuti pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab. Malaysia memang memiliki tiga laga sisa yang bakal dimainkan di Grup G zona asia.

Cools memang sudah mendapatkan lampu hijau dari FIFA guna memperkuat Timnas Malaysia meski dirinya sudah pernah memperkuat tim junior Belgia. Sejak jauh-jauh hari, Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) memang sudah mengurus perpindahan kewarganegaaean Cools agar bisa memperkuat Harimau Malaya.

FAM Juga sudah membuat surat permohonan kepada FIFA dengan melampirkan dokumen sang pemain bersama perincian yang mereka lampirkan dari RBFA (Federasi Sepakbola Belgia).

Setelah membuat penelitian terhadap asas-asas yang diguna pakai dan dokumen-dokumen berkaitan, FIFA akhirnya meluluskan permohonan tersebut. Pasca disahkan menjadi Warga Negara Malaysia, FAM langsung mendaftarkan nama Dion Cools untuk emngikuti kualifikasi Piala Dunia 2022/Piala Asia 2023.

Baca Juga:  Batal Datangkan Hussein El Dor, Perak FC Incar Pemain Asing Lain

“FAM telah beberapa kali mengirim surat secara resmi ke Federasi Sepakbola Belgia (RBFA) dan bantuan dari FIFA, RBFA pun telah membalas permintaan FAM dengan memberikan rincian keterlibatan Dion Cools di skuad U-18 – U-19 dari 2014-2015, skuad U-21 Belgia dari 2016-2019, selain itu dia tak pernah memperkuat skuad senior Belgia,” tulis pernyataan resmi FAM.

Saat ini, Timnas Malaysia menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup G dengan koleksi 9 poin dari tiga menang dan dua kali kalah. Malaysia masih memiliki peluang untuk lolos ke fase selanjutnya dengan status sebagai juara grup atau Runner Up terbaik.

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net