Europa Super League Tak Bakal Jamin Kesehatan Finansial Klub Peserta

Europa Super League Tak Bakal Jamin Kesehatan Finansial Klub Peserta

Liga Cacing – Berita Bola – Salah satu petinggi Bayern Munchen, Karl-Heinz Rummenigge menyebut jika kondisi finansial tim-tim yang berencana membuat Europa Super League tak akan mudah diperbaiki lewat turnamen tersebut. Mengapa?

Saat ini, kondisi finansial tim-tim Eropa tengah morat-marit lantaran pandemi COVID-19. Pemasukan tim lebih kecil dibanding pendapatan yang mereka terima. Beberapa tim besar Eropa bahkan harus melakukan pemotongan gaji gina menstabilkan kondisi keuangan klub.

Kondisi tersebut membuat para raksasa Eropa mencari sumber dana baru yang bisa menstabilkan keuangan tim dengan membuat Europa Super League. 12 tim yang tadinya tergabung menggandeng JPMorgan sebagai sponsor mereka.

Tak tanggung-tanggung, bank kenamaan asal Amerika Serikat itu siap mengucurkan dana tak kurang dari  4 miliar Dolar (sekitar Rp 60 triliun). Dana tersebut belum termasuk pendapatan hak siar dan dari sponsor lainnya.

Nantinya, juara European Super League kabarnya akan mendapat hadiah sebesar 7 triliun. Angka tersebut membuat banyak klub berbondong-bondong untuk mendaftarkan diri guna membangun skuat agar bisa kembali berprestasi.

Baca juga: Conor McGregor Ingin Beli Manchester United?

Meski begitu, Rummenigge menyebut jika aliran dana yang nantinya akan masuk tak serta merta akan menyelamatkan klub. Menurutnya, andai model bisnis tersebut dijalankan, klub akan tetap boros sehingga uang yang nantinya akan didapatkan sebagai hadiah tak akan pernah cukup bagi klub peserta ESL.

“Saya dengar rumor kalau mereka (peserta European Super League) punya masalah finansial. Potensi pendapatannya tampak sangat besar, namun tak akan menyelesaikan masalah keuangan dalam jangka panjang,” kata Rummenigge kepada Il Corriere della Sera.  “Kamu tak bisa terus mengeksploitasi pendapatan untuk menyeimbangkan besarnya pengeluaran,” jelas eks pemain Timnas Jerman itu.

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net