Di Tengah Polemik Liga Super, UEFA Umumkan Format Anyar Liga Champions

Di Tengah Polemik Liga Super, UEFA Umumkan Format Anyar Liga Champions

Liga Cacing – Berita Bola –  Di tengah pergolakan Europa Super League, UEFA memberikan perubahan baru di ajang Liga Champions. Nantinya ada 36 tim yang bakal berlaga di fase liga tunggal dan penyisihan grup akan dihapuskan.

Senin (19/4) kemarin, UEFA mengumumkan jika akan ada perubahan di ajang Liga Champions di tengah pembentukan Liga Super Eropa oleh 12 tim besar macam Manchester United, Liverpool, Chelsea, Manchester City, Arsenal, Tottenham Hotspur. Atletico Madrid, Real Madrid,  Barcelona, serta Juventus, Inter Milan, dan AC Milan.

Nantinya, format 36 tim dengan fase liga akan dihelat pada 2024 mendatang dengan jadwal pertandingan yang akan dimainkan pada hari kamis. Artinya akan ada perubahan hari. Biasanya, laga Liga Champions dimainkan pada Selasa dan Rabu. Terkait alasan reformasi Liga Champions ini, Presiden UEFA, Aleksander Caferin buka suara.

“Format baru ini mendukung status dan masa depan pertandingan domestik di seluruh Eropa juga. Ini mempertahankan prinsip bahwa performa domestik harus menjadi kunci untuk kualifikasi dan menegaskan kembali prinsip-prinsip solidaritas melalui pertandingan dan kompetisi yang terbuka.”

“Format yang berkembang ini akan tetap menghidupkan impian tim mana pun di Eropa untuk berpartisipasi di Liga Champions UEFA berkat hasil yang diperoleh di lapangan dan itu akan memungkinkan kelangsungan hidup jangka panjang, kemakmuran, dan pertumbuhan bagi semua orang di sepakbola Eropa, tidak hanya kartel kecil yang dipilih sendiri.”

“Inilah mengapa kami melakukan proses konsultasi ekstensif selama dua tahun terakhir yang menghasilkan dukungan bulat atas proposal kami dan kami yakin bahwa reformasi ini mencapai tujuan-tujuan tersebut.”

Baca Juga:  Erik ten Haag dan Van Bommel Masuk Bursa Calon Pelatih Bayern Munchen

Nantinya, konsep kompetisi babak grup dengan delapan pool akan dihapuskan lantaran kompetisi bakal berjalan dengan format liga. Semua laga akand iundi dengan  koefisien UEFA. Liga Europa dan Liga Konferensi akan mengikuti format yang sama.

Semua tim yang ada akan memainkan 10 pertandingan kandang dan tandang 8 tim terbaik akan otomatis lolos ke babak 16 besar. Tim yang ada di peringkat 9-24 bakal bersaing dalam play off guna menentukan siapa yang lolos ke fase grup.

Tim-tim yang finis lebih rendah dari urutan ke-24 akan sepenuhnya keluar dari kompetisi Eropa, Terakhir, babak 16 besar, perempat-final, semi-final, dan final akan dilanjutkan dengan format yang sama seperti sebelumnya.

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net