5 Wonderkid Terbaik Belanda yang Siap Merekah

5 Wonderkid Belanda Terbaik yang Siap Merekah

Liga CacingEredivisie – Belanda boleh dibilang sebagai Negara yang saat ini tengah gencar menghasilkan wonderkid anyar dalam jagad sepakbola. Setelah Frenkie De Jong dan Matthijs De Ligt, kini ada lima pemain lain yang siap merekah di Eropa.

Golden Generation kedua Belanda sejatinya muncul pada 1996-2014 lalu. Di era tersebut, lahir segudang pemain berkualitas mulai dari De Boer Bersaudara, Ruud Van Nistelrooy, Clerance Seedorf, Edgar Davids, Philip Cocu hingga Memphis Depay. Setelahnya, Belanda seakan kehabisan nama baru untuk melejit dan membantu tim nasional berkembang

Akibatnya, performa tim nasional pun boleh dibilang naik turun. Pasca menjadi runner up Piala Dunia untuk  kali ketiga pada 2010, prestasi mereka jeblok di Euro 2012. Kala itu, Robin Van Persie dan kolega harus pulang dengan status sebagai juru kunci. Dua tahun berselang, mereka mampu berbicara banyak di Piala Dunia 2014 dan menjadi juara ketiga. Naasnya, di Euro 2016 dan Piala Dunia 2018, mereka tak mampu mencapai putaran final

Rentetan hasil tersebut pun tak bisa dimaafkan. Mau tak mau berbagai pihak, termasuk klub-klub di Eredivisie mulai bebenah dan menggalakan produk akademi mereka. Hasil dari produk akademi pun terbilang baik. beberapa nama baru mulai bermunculan dan diperhitungkan. Sebagian dari mereka bahkan masuk ke dalam tim nasional.

Baca Juga:  Di Indonesia, Melvin Platje Disebut Sebagai “Lionel Messi”

Di ajang UEFA Nations League 2018 misalnya, sederet nama anyar berhasil merestorasi tim. Nama baru macam Virgil Van Dijk, Matthijs De Ligt, Terrace Kongolo, Justin Kluivert hingga Donny van de Beek pun perlahan mulai hadir dalam skuat. Kombinasi pemain tua dan muda pada skuat negeri tulip pun menghasilkan catatan apik sebagai runner up UEFA Nations League.

Bahkan, setehun berselang, Ajax Amsterdam yang kala itu mampu keluar sebagai semifinalis Liga Champions membuat beberapa pemain kuncinya macam Frenkie De Jong, Matthijs De Ligt hingga Kasper Dolbeg harus diakuisisi tim lain. Tak hanya Ajax, dua tim besar Belanda lain macam Feyenoord dan PSV Eindhoven juga harus kehilangan serangkaian pemain lantaran mematik minat dari tim luar negeri.

Meski banyak kehilangan pemain penting, tim-tim asal Belanda tak perlu risau lantaran hampir setiap tahunnya, muncul nama baru yang siap menyeruak ke permukaan guna mencuri perhatian tim Eropa mapun tim Nasional. Banyaknya wonderkid yang berseliweran di Negeri Tulip lantaran banyak klub asal Belanda yang peduli akan pengembangan pemain muda melalui akademi milik mereka.

Selain itu, mereka juga kerap memberi kesempatan tampil kepada bakat muda untuk tunjukan performa terbaik dan siap dipanen di kemudian hari dengan harga yang terbilang fantastis. Saat ini, ada lima wonderkid terbaik asal yang siap merekah. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1.      Myron Boadu (AZ Alkmaar, CF, 20 Tahun)

Di luar PSV Eindhovem, Ajax dan Feyenoord, AZ Alkmaar merupakan tim yang kerap menghasilkan bakat-bakat muda terbaik. Tak terhitung berapa jebolan Alkmaar yang sukses berkarir di tim besar Eropa. Kini, mereka memiliki bintang muda baru dalam diri Myron Boadu.

Pemain asal Belanda yang berposisi sebagai penyerang mampu tampil apik bersama timnya. Saat ini, sang pemain hadir sebagai pencetak gol kedua terbanyak di klub di bawah Teun Koopmeiners dengan koleksi 11 gol. Menukil laman transfermarkt, sang pemain masih memiliki kontrak hingga 2023 mendatang dan memiliki valuasi harga di angka 15 juta Euro.

2.      Ryan Gravenberch (Ajax Amsterdam, CM, 18 Tahun)

Kepergian Frenkie De Jong ke Barcelona nampaknya tak bakal terlalu ditangisi oleh Ajax Amsterdam. Pasalnya, kini De Godenzonen memiliki pengganti yang sepadan dalam diri Ryan Gravenberch.

Sama seperti De Jong, Gravenberch merupakan produk jebolan akademi Ajax yang sudah mulai mendapatkan tempat di tim utama. Musim ini, ia sudah banyak bermain. Total, pemain 18 tahun sudah mengoleksi 32 laga di berbagai kompetisi dan sukses mencetak empat gol serta empat assist.

Di tahun-tahun mendatang, Gravenberch bisa saja menjadi salah satu gelandang terbaik di Timnas Belanda. Kesempatan mentas di tim besar Eropa lain nampaknya hanya tinggal menunggu waktu. Saat ini, kontraknya masih berjalan hingga 2023. Sang pemain memiliki valuasi harga di angka 22 juta Euro.

3.      Mohamed Ihattaren (PSV Eindhoven, AM, 19 Tahun)

PSV Eindhoven seakan tak ingin kehilangan gerbong memunculkan pemain muda berbakat. Mereka sudah punya satu nama yang siap melejit dalam diri Mohamed Ihattaren. Sang pemain bahkan saat ini sudah mengisi satu tempat utama di skuat asuhan Roger Schmidt.

Berposisi sebagai gelandang serang, pemain berdarah Maroko memiliki visi yang jelas dalam bermain. Namun, baru-baru ini, ia terlibat masalah indisipliner dan harus diasingkan dari skuat untuk beberapa waktu sebelum akhirnya diperbolehkan kembali berlatih bersama tim.

Musim ini, Ihattaren sudah mengoreksi 26 laga di berbagai kompetisi dan mencetak dua gol serta dua assist. Kontraknya bakal berlangsung hingga setahun ke depan. Ada indikasi sang pemain enggan menambah ekstensinya bersama tim BUMN Belanda itu. Kansnya mentas di tim besar Eropa nampak terbuka lantaran ia memiliki agen yang siap membukakan jalan baginya untuk main di tim elit, Mino Raiola.

Baca Juga: Prediksi Liga Cacing Ajax v Groningen: De Godenzonen Diunggulkan

4.      Owen Wijndal (AZ Alkmaar, FB, 21 Tahun)

Selain Myron Boadu, AZ Alkmaar memiliki pemain muda berbakat lain dalam diri Owen Wijnal. Pemain yang berposisi sebagai fullback ini digadang bakal menjadi bek kiri terbaik Belanda di masa mendatang.

Wijndal saat ini sudah mengoleksi menit bermain yang lumayan banyak. Ia tampil dalam 34 laga yang dimainkan Alkmaar di berbagai kompetisi dan mampu mengemas satu gol serta empat asssit dalam periode tersebut.

Jalannya untuk mentas di luar negeri pun makin terbuka lantaran ia sudah memilki kunci rahasia dalam diri agennya, Mino Raiola. Namun tim yang nantinya meminati jasa sang pemain harus mengeluarkan dana ekstra mengingat kontraknya bersama Alkmaar masih berjalan hingga 2023 mendatang.

  1. Jeremie Frimpong (Bayer Leverkusen, FB, 20 Tahun)

Dibanding emapat pemain di atas, Frimpong memiliki jalan karir yang lumayan berbeda. Jika kebanyakan pemian muda Belanda memulai karir di Eredivisie, Jeremie Frimpong memulai karirnya via akademi Manchester City. Akademi tersebut memang kerap menghasilkan berbagai pemain muda berbakat. Jadon Sancho dan Phil Foden adalah dua di antara sejumlah nama yang sempat mengenyam ilmu di tim junior City.

Pasca membela City, Frimpong sempat menjadi bagian dari tim tersukses Skotlandia, Glasgow Celtic. Bersama the Bhoys, ia mampu mendulang satu gelar liga dan satu piala liga pada musim lalu. Di bursa musim dingin kemarin, ia menerima pinangan Bayer Leverkusen dengan mahar 11,5 juta Euro.

Main di Jerman adalah pilihan terbaik bagi Frimpong lantaran Bundesliga merupakan liga yang ramah akan pemain muda. Erling Haaland, Jamal Musiala hingga Marcus Thuram mulai membuka sinarnya di kasta teratas sepakbola Jerman itu. Kini, Frimpong hanya tinggal menunggu waktu untuk bersinar bersama die Roten.

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net