5 Tim Sepakbola yang Punya Tim Esports FIFA

5 Tim Sepakbola yang Punya Tim Esports FIFA

Liga Cacing – Berita Bola – Awalnya, sepakbola dan ranah Esports merupakan dua kutub yang tak saling terkait. Namun lambat laun, banyak tim sepakbola yang berpartisipasi menyemarakan dunia Esport dengan membuat tim mereka sendiri.

Setiap tahunnya, ada beberapa turnamen besar yang digelar di ranah esports macam FIFA Series Tournament, Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO), League of Legends, Fortnite dan lain sebagainya. Ada hadiah besar dan eksposure yang bisa didapatkan kala menjuarai turnamen tersebut. Beberapa tim esports dengan reputasi besar macam Fnatic, FaZe Clan hingga Astralis biasa mengikuti turnamen tersebut

Untuk gim sepakbola, khususnya pada gim FIFA, player biasanya akan memainkan dua jenis konsol berbeda yakni Xbox dan Playstation. Biasanya, sebuah tim memiliki sepasang pemain untuk dua jenis konsol yang berbeda. namun hal tersebut bukanlah acuan yang baku.

Gim FIFA sendiri memiliki rangkaian turnamen yang terbilang panjang dalam wujud global series. Untuk gim FIFA 21, turnamen perdana Global Series sudah mulai dihelat pada Oktober 2020 lalu dan kompetisi masih berjalan sampai hari ini. Selain Global Series, banyak juga turnamen bersifat regional resmi yang prestisnya tak kalah mumpuni macam ePremier League, Bundesliga Virtual hingga eLibertadores.

Baca Juga:  5 Tim dengan Rataan Pemain Termuda di Dunia

Lantaran tingginya eksposur dan uang hadiah yang lumayan, banyak tim sepakbola yang membentuk tim esports divisi FIFA sendiri dan memiliki pro player dalam timnya. Menukil laporan squawka, ada lima tim sepakbola dengan komposisi player dan prestasi yang lumayan baik. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

  1. RB Leipzig

Overall rank: 22nd (651.3 points)
Players: Der_Gaucho10 (Xbox), Umut (PlayStation), Fehrminator (PlayStation and Xbox), Lena (PlayStation), Verjgang (PlayStation)

Sebagai tim yang baru bergabung untuk memperebutkan gelar juara bundesliga, Leipzig melakukan kejutan lain di ranah gim FIFA. Tim esports mereka, RBLZ Gaming sukses finish sebagai pemuncak gelaran virtual Bundesliga sud-ost League. Mereka hanya kalah sekali dalam 24 laga yang dimainkan.

RBLZ Gaming saat ini diperkuat dua top player macam Richard “Der_Gaucho10” Hormes, kapten tim yang memiliki rangking 35 di Eropa untuk game Xbox dan Umut “RBL_Umut” Gültekin yang punya ranking 17 untuk konsol playstation.

Mereka juga punya pelatih Daniel “Fehrminator” Fehr serta Lena “Lena5601” Güldenpfenning, sebagai wanita pertama yang mentas di Virtual Bundesliga.  RBLZ Gaming juga mengontrak bocah ajaib Anders “Verjgang” Verjgang yang sukses mengoreksi 536 kemenangan di Weekend League dalam 18 pekan beruntun!’

  1. Manchester City

Overall rank: 16th (751 points)
Players: Shellzz (PlayStation), Ryan (Xbox)

Salah satu tim terbaik Inggris, Manchester City mulai memperlihatkan kukunya di dunia Esports. Mereka suskes menjadi salah satu tim terbaik dengan nagkring di posisi 16 dunia, mengalahkan rival mereka, Wolverhampton yang kini duduk di peringkat 51.

Rooster city hanya memiliki dua pemain yakni Shaun “Shellzz” Springette dan Ryan “MCFC Ryan” Pessoa.  Ryan masuk ke dalam skuat Man City di ajang FIFA eClub Wold Cup 2019. Sementara Shellzz merupakan player dengan rangking 62 dunia untuk konsol Playstation. Ia sudah bergabung sejak 2018 dan sempat mewakili City di ajang Club World Cup dan ePremier League.

  1. AC Monza

Overall rank: 12th (867 points)
Players: Er_Caccia98 (PlayStation), Nzorello (PlayStation)

Tim milik mantan penguasa Milan, Silvio Berlusconi tengah dalam trek yang tepat untuk mendulang promosi ke Serie A pada musim depan untuk kali pertama sepanjang sejarah. Mereka memiliki dua pemain bintang top untuk level Serie B yakni  Kevin-Prince Boateng dan Mario Balotelli. Selain sukses di sepakbola, Monza juga tengah membangun kekuatan di ranah esports.

Seperti halnya Manchester City, Monza hanya memiliki sepasang rooster dari konsol playstation. Keduanya ada dalam 50 besar player FIFA terbaik di Eropa. Mereka adalah Raffaele “Er_Caccia98” Cacciapuoti, yang punya rangking 12 sejak keikutsertaannya di tahun 2017 serta Renzo “Nzorello” Parave yang punya rangking 44 Eropa.

Mereka suskes caatatkan hasil impresif kala menundukan RB Leipzig di babak pedelapan final 2021  FIFAe Club World Cup untuk zona empat. Namun di babak semidinal, baik Er_Caccia98 dan Nzorello kalah dari tim kuat, Astralis.

  1. Schalke

Overall rank: 11th (898 points)
Players: Tim Latka (PlayStation), Juli (Xbox), JH7 (PlayStation)

Schalke boleh-boleh saja terdegradasi di musim ini. Kepahitan tersebut juga terjadi pada tim virtual bundesliga mereka yang hanya mampu finish di peringkat 11 dari 13 kontestan. Meski begitu, mereka sukses catatkan tim sepakbola dengan rangking tinggi di gim FIFA 21.

The Royal Blues memiliki tiga pemain untuk gim FIFA 21 yakni  Tim “Tim Latka” Schwartmann, yang sudah bergabung dengan klub sejak 2016. Julius “Juli” Kühle,  pemilik rangking 72 di Eropa untuk platform Xbox dan Joe “JH7” Hellmann,  rangking 74 Eropa untuk untuk platform PlayStation. Dua nama yang disebut terkahir sempat mencapai babak semifinal 2021 FIFAe Club World Cup sebelum akhirnya kalah oleh MKers,

  1. FC Basel

Overall rank: 7th (1,026.3 points)
Players: SpiderKong (Xbox), Lubo (PlayStation), Dufty (PlayStation), Nicolas99FC (PlayStation)

Salah satu raksasa sepakbola Swiss, FC Basel sukses menjadi momok menakutkan dengan menjuarai kompetisi sebanyak 20 kali. Selain sukses di kancah sepakbola, mereka memiliki tim esports FIFA yang juga lumayan berprestasi.

Memiliki nama Basel 1893 eSports, mereka memiliki empat pemain dalam diri Miguel “SpiderKong” De Assis Bilhar, player asal Brazil yang memiliki rangking 20 di gim FIFA. Seelahnya ada Luca “Lubo” Boller, tiga kali juara Swiss, Leandro “Dufty” Curty, yang memiliki reputasi besar di Swiss dan player asal Argentina, Gonzalo Nicolas “Nicolas99FC” Villalba.

FC Basel sempat merajai turnamen nasional di Swiss. Mereka sempat berpartisipasi di ajang  FIFAe Club World Cup. SpiderKong dan Nicolas99FC sempat mencapai babak semifinal di zona Amerika Selatan sebelum akhirnya kalah dari FUTWIZ Brazil.

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net