5 Pesepakbola Tua di Atas 40 Tahun yang Masih Merumput

5 Pesepakbola Tua di Atas 40 Tahun yang Masih Merumput

Liga Cacing – Berita BolaUsia pesepakbola seakan menjadi sinyal bagi pemain untuk mengakhiri karirnya. Namun ada lima pemain yang seakan mempersetankan usia hanya sebatas angka lantaran di umur yang kian menua, mereka masih fasih bermain di atas lapangan.

Banyak pihak yang berpendapat usia emas pesepakbola ada di rentnag 26-32 tahun. Dalam rentang tahun tersebut, pemain bisa memunculkan peak perform di atas lapangan. Setelah periode tersebut. berbagai penurunan demi penurunan mulai terjadi. Kondisi fisik kian tidak prima dan mentalitas bakal turun seiring berjalannya waktu

Namun. Cristiano Ronaldo seakan tak memperdulikan hal tersebut. Meski ia masih berusia 36 tahun, kondisi fisiknya tetap prima. Bahkan mantan pelatih fisiknya di Real Madrid, Giovani Mauri menilai CR7 masih bisa mentas di usia 40 tahun lantaran dirinya memiliki kondisi fisik yang baik sampai hari ini.

“Dia (Cristiano Ronaldo) melanjutkan metode saat di Real Madrid di mana istirahat cukup adalah bagian fundamental dari latihan,” sebutny kepada “Perlu digarisbawahi istirahat di sini bukan berarti tidur. Tidak pasif, melainkan latihan tertentu yang bisa meningkatkan performa otot-otot dan kematangan mental.”

Baca Juga:  5 Pemain Free Agent dengan Harga Termahal

“Saya pernah bekerja dengan para pesepak bola yang bermain hingga usia 40 tahun. Dari Paolo Maldini, Alessandro Costacurta, hingga Zlatan Ibrahimovic. Mereka atlet dengan kekuatan dan fleksibilitas luar biasa,” sebutnya.

Selain Ronaldo, masih ada lima pemain beken dari lintas dunia yang nyatanya masih bermain meski usia mereka sudah melebihi 40 tahun. Meski sudah berusia lanjut, kondisi fisik mereka, walau tak bisa dibilang lebih prima dari Ronaldo, terbilang masih bugar untuk bisa bermain di level tertinggi. Spesialnya, dua nama yang tersemat di bawah masih mentas di Indonesia. Siapa saja mereka? Berikuk daftarnya.

  1. Kazuyoshi Miura (54 Tahun, Yokohama FC)

Saat pemain seangkatannya macam Paolo Maldini, Alessandro Costacurta, Gabriel Batistuta hingga Oliver Kahn sudah mencapai dimensi lain di jagat sepakbola, King Kazu masih bermian untuk kontestan Liga Jepang, Yokohama FC. Bahkan, baru-baru ini, pemain 53 tahun sudah mencapai musim ke-36nya sebagai pesepakbola profesional.

Meski sudah berusia senja, ia masih belum menunjukan tanda-tanda selesai dari lapangan hijau lantaran sang pemain masih menikmati karir sepakbolanya sampai saat ini.

“Saya merasakan bahagia bisa bermain sepak bola ketika dunia sedang dilanda situasi sulit akibat virus corona. Secara pribadi ini bukan musim yang menyenangkan tapi ambisi dan antusiasme saya untuk sepak bola semakin tinggi,” kata Miura dikutip dari laman resmi AFC.

Rekan setim Kazu, Calvin Jong-a-Pin melihat jika Kazu masih memiliki fisik yang prima sebagai pesepakbola. Ia bahkan kerap unggul dalam sesi lari bersama tim dengan memuncaki posisi terdepan.

“Dia orang dengan motivasi tinggi dan betul-betul profesional. Dalam sesi latihan, kami ada latihan berat saat harus berlari dan dia berlari di depan. Dia orang pertama yang menyelesaikan putaran dan semua orang selesai di belakangnya,” kata pemain berusia 34 tahun ini.

Meski terbilang aktif, neraca gol Kazu tak bisa dipandang tinggi sebagai seorang striker. Menukil laman transfermarkt, pemain yang sudah mentas sejak 1986 memang mencatatkan 671 laga di level klub. Namun, dalam rentang tersebut, ia hanya mampu mengepak 187 gol di sepanjang karirnya.

  1. Christian Gonzalez (45 Tahun, Free Agent)

Mantan rekan satu tim Alvaro Recoba ini masih belum mau gantung sepatu dari lapangan hijau meski usianya  sudah mencapai 45 tahun. Pemain naturalisasi asal Uruguay nyatanya masih memiliki tim peminat di Indonesia.

Gonzalez yang memulai karir pada medio awal 2000an bersama PSM Makassar berturut-turut mentas di berbagai klub besar nasional macam Persik Kediri (2005-2008), Persib Bandung (2009-2011), Putra Samarinda (2011-2012), Arema FC (2013-2017), Madura United (2018), PSS Sleman (2018), PSIM Yogyakarta (2019).

Kini, pasca kontraknya rampung bersama PSIM, Gonzalez tak kehilangan peminat. Sriwijaya FC diklaim masih tertarik mendatangkan top skor empat kali Liga Indonesia itu untuk mengisi skuatnya pada musim kompetisi 2021 ini. Bahkan, perjanjian kontrak sudah mulai dijajaki manajemen laskar wong kito kepada pemegang 29 caps timnas Indonesia ini.

  1. Gianluigi Buffon (43 Tahun, Juventus)

Saat semua pemain Timnas Italia pada Piala Dunia 2002 dan 2006 sudah memutuskan pensiun, Gigi Buffon masih ada dan mentas di level tertinggi bersama Juventus. Buffon seakan masih mempersetankan pensiun meski usianya sudah mencapai senjakala karir. Bahkan beberapa waktu lalu, ia menyebut masih bisa bermain hingga tiga tahun lagi atau memutuskan pensiun di akhir musim ini.

“Saya belajar jika tidak ada yang pasti dalam kehidupan. Lihat, di kepala saya ini sebenarnya sudah ada tanda untuk berhenti,” kata Buffon kepada The Guardian. “Batas maksimum yaitu Juni 2023, itu benar-benar paling maksimal. Namun, saya juga bisa saja berhenti dalam empat bulan ke depan,” demikian kata Buffon.

Dalam karir sepakbolanya, berbagai gelar domestik maupun kontinental sempat ia raih. Namun ada satu gelar yang tak kunjung diraihnya meski sudah berusia senja yakni Liga Champions.

Baca Juga: Tak Kalah Dari Eropa, Inilah 5 Stadion Sepakbola Terbesar di Asia

  1. Shinsuke Nakamura (42 Tahun, Yokohama FC)

J-League boleh dibilang menjadi liga yang amat ramah kepada pemain tua. Selain King Kazu, beberapa nama macam Yasuhito Endo (41 tahun), Shinji Ono (41 Tahun) hingga Andres Iniesta (36 tahun) masih merumput di sana. Selain nama di atas, tersemat pula pemain kawakan yang masih tampil dalam diri Shinsuke Nakamura.

Sosok Nakamura mulai dikenal publik sepakbola dunia kala membela Reggina di musim 2002 lalu. setelahnya, julukan master free-kick muncul kala ia memperkuat Glasgow Celtic. Nakamura meraih banyak kesuksesan di Skotlandia dengan meraih sederet trofi domestik sebelum memutuskan pulang ke Jepang pada 2010 lalu.

Sejak pulang sampai saat ini, Nakamura masih aktif bermain. Uniknya, saat ini ia mentas bersama Yokohama FC yang juga dibela pemain tertua Liga Jepang, King Kazu. Meski begitu, keduanya jarang mendapat tempat di tim utama dan hanya sesekali mentas di lapangan.

  1. Ismed Sofyan (41 Tahun, Persija Jakarta)

Ismed Sofyan seakan mematahkan stigma pemain Indonesia tak bisa merumput hingga di atas 40 tahun. Di usia 41, ia masih mentas bersama Persija Jakarta sebagai fullback kanan. Biasanya, pemain yang berposisi sebagai fullback bakal mengganti perannya sedikit ke tengah lantaran faktor kecepatan yang kian menurun. Javier Zanetti dan Philip Lahm pernah mengambil ospi tersebut. Namun Ismed tetap dengan pendiriannya yakni mentas sebagai fullback kanan bagi Macan Kemayoran.

Berbagai gelar juara pernah ia dulang bersama Persija Jakarta seperti seperti gelar Liga 1 2018 dan Piala Presiden di musim yang sama. Meski belum memutuskan undur diri dari tim Ibu Kota, beberapa waktu lalu, Ismed sudah menjalani kursus kepelatihan di Spanyol bersama Espanyol. Satu yang pasti, dalam waktu dekat, ia masih belum berhenti menggulirkan bola di lapangan.

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net