5 Pesepakbola Termahal yang Dimiliki Israel dan Palestina

5 Pesepakbola Termahal yang Dimiliki Israel dan Palestina

Liga Cacing – Berita Bola – Dalam beberapa waktu belakangan, Israel dan Palestina tengah terlibat dalam konflik. Meski kedua Negara bukanlah penghasil para pemain bintang layaknya Brazil atau Argentina, ada beberapa pemain dari kedua Negara yang memiliki valuasi tinggi di lantai bursa.

Sebelum hari raya idul fitri 2021, Israel melancarkan invasi ke Palestina dengan membubarkan shalat tarawih di Masjid Al Aqsa beberapa waktu lalu. Sejak saat itu, perang roket antar kedua Negara tak terelakan lagi. Banyak fasilitas umum dan korban jiwa yang hadir lantaran agresi kedua Negara yang masih terjadi sampai hari ini.

Di luar konflik, kedua Negara sempat menghasilkan beberapa pesepakbola terbaik. Israel sempat memiliki pemain kunci dalam diri Yossi Benayoun. Ia sempat melalang buana di Premier League dengan memperkuat Chelsea, Liverpool dan West Ham United.

Dari Palestina sendiri, rekam jejak para pemainnya jarang terdeteksi lantaran berbagai krisis yang terjadi di Negara tersebut. Namun ada satu nama yang sempat melalangbuana di berbagai kompetisi sepakbola Asia yakni Abdelatif Bahdari. Sang pemain yang biasa berposisi sebagai centre back saat ini tercatat sebagai pemilik caps tertinggi di Timnas Palestina dengan koleksi 79 laga dan mampu mengoreksi sembilan gol.

Baca Juga:  5 Mantan Pesepakbola Top yang Menjadi Politisi

Di luar dua nama tersebut, ada lima pemain dari kedua Negara yang ternyata memiliki valuasi nilai transfer yang lumayan tinggi di situs transfermarkt pada Rabu, (19/5). Tiga pemain berasal dari Israel dan sisanya dari Palestina. Bahkan, beberapa dari mereka sudah mentas di Eropa. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

  1. Manor Solomon (Istrael, 15 Juta Euro, Shakhtar Donetsk)

Di antaran lima pemain yang tersemat dalam daftar, Manor Solomon menempati posisi teratas. Pemain yang kini merumput di Ukraina memiliki valuasi pasaran di angka 15 juta Euro. Tingginya harga Solomon tak begitu saja jatuh dari langit.

Solomon boleh diblang menjadi pemain yang lumayan berpengaruh dalam skuat besutan Luis Castro. Musim ini, ia sukses mengoreksi 35 penampilan di lintas kompetisi. Dalam periode tersebut, ia mampu bukukan 11 gol serta satu assist bagi Donetsk.

Beberapa waktu lalu, muncul kabar jika Arsenal diklaim tertarik mendatangkan jasa sang pemain guna memperkuat lini depan mereka di musim depan. Saat ini, pemain yang biasa beroperasi di sisi winger kiri masih terikat kontrak hingga 2023 mendatang.

  1. Munas Dabbur (Israel, 7 Juta Euro, Hoffenheim)

Hoffenheim harus mengeluarkan dana tak kurang dari 12 juta Euro untuk mengangut Munas Dabbur dari Sevilla di bursa transfer musim dingin tahun 2020 lalu. Angka tersebut nampaknya kurang sesuai mengingat kurangnya kontribusi sang pemain di lini depan Hoffe.

Sejak didatangkan satu tahun setengah lalu, Dabbur, yang berporfesi sebagai juru gedor masih belum mampu menunjukan ketajamannya. Ia baru mengoreksi 16 gol bagi Hoffe dalam 45 laga yang telah dilakoni. Padahal, kala membela RB Salzburg beberapa waktu lalu, ia sempat tampil sebagia mesin gol utama tim dengan koleksi 72 gol dari 128 laga yang telah dilakoni.

Baca Juga: 5 Tim Sepakbola yang Punya Tim Esports FIFA

  1. Shon Weismann (Israel, 6 Juta Euro, Real Valladolid)

Sebelum bermain di Spanyol bersama Valladolid, Weismann banyak menghabiskan karir di kampung halamannya dan sempat mentas sebentar di Austria Bundesliga bersama Wolfsberger. Ia dipinang Valladolid di bursa transfer musim panas lalu dengan mahar 4 juta Euro.

Berposisi sebagai juru gedor Weismann nyatanya terbilang biasa saja. Pemilik 14 caps Timnas Israel belum mampu berbuat banyak untuk tim milik Ronaldo Nazario. Dalam 33 laga yang sudah dimainkan di lintas kompetisi, ia baru mengepak 7 gol serta tiga assist.

  1. Saleh Chihadeh (Palestina, 400 Ribu Euro, FC Thun)

Saleh Chihadeh boleh dibilang menjadi satu-satunya pemain Palestina dengan harga pasaran yang lumayan tinggi. Pemain yang memiliki paspor Swis ini punya pasaran di angka 400 ribu Euro. Saat ini, dirinya mentas bersama kontestan Challenge League, FC Thun.

Saleh, yang berposisi sebagai penyerang boleh dibilang menjadi andalan tim di musim ini. Ia sukses mengepak 33 laga di berbagai kompetisi dan mampu mencetak 10 gol di Liga Swiss. Meski memiiki paspor di salah satu negeri paling makmur di Eropa, Saleh memilih membela Timnas Palestina. Pemain kelahiran Jerman sejauh ini sudah mengoreksi 5 caps bagi negaranya.

  1. Mus’ab Al Batat (Palestina, 400 Ribu Euro, Shabab Al Dhahiriya SC)

Di antara pemain yang tersemat di daftar, Mus’ab Al Batat boleh dibilang merupakan sosok yang tak terlihat rekam jejaknya. Transfermarkt hanya mencatat sang pemain sempat pindah dari Ahli Al-Khaleel ke Shabab di bulan Juli 2019 lalu dengan status bebas transfer.

Tak terlihatnya karir Mus’ab memang tak bisa disalahkan lantaran liga utama Palestina jarang terekspos dan kompetisi kerap kali ditangguhkan lantaran konflik dengan Israel. Namun satu yang pasti, Al Batat merupakan kapten dari Timnas Palestina. Ia sukses mengepak 32 caps sejak debut pada 2013 silam.

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net