5 Pemilik Tim Sepakbola Paling Kaya Sejadad Raya

5 Pemilik Tim Sepakbola Paling Kaya Sejadad Raya

Liga Cacing – Berita Bola – Di tengah maraknya isu Europa Super League, sepakbola memang kerap memiliki cerita tersendiri, termasuk para pemilik klub yang kaya raya lantaran harta yang mereka miliki.

Sebelum kehadiran Financial Fair Play (FFP), pemilik klub sepakbola bebas menginvestasikan dana yang mereka miliki secara pribadi kepada klub. Artinya, semakin besar kekayaan yang dimiliki sebuah pemilik klub, semakin besar pula kemungkinan membawa para pemain bintang berlaga di klub yang mereka miliki kian terbuka.

Sosok Massimo Morrati merupakan contoh pemilik yang lumayan loyal. Pengusaha minyak asal Italia sempat mengeluarkan dana tak sedikit guna membangun Inter Milan di akhir medio 90an. Ia menjadi perpanjangan tangan ayahnya, Angelo Morrati sebagai pemilik Inter Milan sejak 1989 lalu.

Beberapa nama besar macam Roberto Baggio, Robbie Keane, Dennis Bergkamp, Ronaldo Nazario, Christian Vieri hingga Samuel Eto’o sukses merapat ke Giueseppe Meazza. Hasilnya, Inter Milan mampu mendulang kejayaan di Italia dan juga Eropa. Mereka sukses mendulang treble winners di tahun 2010 lalu. prestasi tersebut bahkan tak bisa disamai tim Italia manapun sampai hari ini.

Baca Juga:  5 Pelatih Sepakbola Tertua di Dunia

Selain Morrati, jagad sepakbola juga memiliki beberapa pemilik kaya dari sebuah klub sepakbola. Umumnya, para taipan ini memiliki satu klub yang berada di salah satu lima liga top Eropa dan berpotensi untuk menjadi juara di kancah domestik setiap tahunnya. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

  1. Roman Abramovich – Chelsea, Premier League – $12.5 Miliar

Chelsea sebelum era Roman Abramovic tak ubahnya tim London biasa yang kering prestasi. Di tangan Abramovic, the Blues bertransformasi sebagai peta kekuatan anyar di kancah Premier League. Mereka menjadi kekuatan anyar di Big Six, sampai hari ini.

Di awal kedatangannya, Abramovic sukses membawa beberapa bintang ke Chelsea macam Hernan Crespo, Claude Makelele, Damien Duff dan lain sebagainya. Kebiasaan membawa pemain bintang itu masih terjaga sampai saat ini. Chelsea pun sukses mendulang berbagai gelar prestis mulai dari Liga Inggris, Piala FA hingga Liga Champions dan Europa League.

  1. Dietmar Hopp – Hoffenheim, Bundesliga – $18.5 Miliar

Hopp merupakan pengusaha perangkat lunak SAP AG. Melalui firmanya tersebut, Hopp terbilang sukses besar dan mampu menjadi perusahaan perangkat lunak terbesar di Eropa. Bahkan, parbiknya menjadi pabrik perangkat lunak ketiga terbesar di dunia.

Selain concern terhadap dunia teknologi, Hopp juga senang terhadap sepakbola. Di tahun 2000, ia membeli tim TSG 1899 Hoffenheim.  Kala itu, Hoffe masih berada di divisi lima Jerman. Perlahan namun pasti, Hopp mampu mentransformasi timnya menjadi kekuatan anyar di Jerman.

Di bawah kendalin Hopp, Hoffe sukses menjadi kuda hitam anyar di Bundesliga. Prestasi tertinggi mereka di kompetisi teratas sepakbola Jerman terjadi di tahun 2017/18. Di bawah asuhan Julian Nagelsmann, klub sukses nangkring di posisi ketiga klasemen akhir.

  1. Andrea Agnelli – Juventus, Serie A – $19.1 Miliar

Sejak lama, keluarga Agnelli dikenal sebagai pemilik perusahaan mobil Fiat dan Ferrari. Kekayaan yang mereka miliki berasal dari penjualan mobil dan berbagai bisnis lain. Sejak 1923, keluarga Agnelli sudah memiliki kuasa atas Juventus.

Sejak saat itu sampai hari ini, Juventus di bawah komando Agnelli sukses menjadi kekuatan anyar di jagad sepakbola dunia. Berbagai gelar baik di level domestik maupun internasional pernah mampir di almari trofi Juventus. Sampai hari ini, catatan scudetto si Nyonya Tua sebanyak 36 kali belum bisa disaingin tim Italia manapun.

Baca Juga:  5 Pemain Asing Terpopuler yang Gagal Bersinar di Liga Indonesia

  1. Dietrich Mateschitz – RB Leipzig/ Red Bull Salzburg, German Bundesliga/Austrian Bundesliga – $26.9 Miliar

Mateschitz dikenal sebagai salah satu pendiri perusahaan Red Bull. Perusahaan minuman berenergi itu berbagai fima olahraga di ajang motosports (F1 dan Nascar), Ice Hokey hingga Esports. Tak ketinggalan, mereka juga memilikitim sepakbola yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Ekspansi awal Red Bull dimulai dari mengakuisisi Austria Salzburg dan menggantinya menjadi RB Salzburg, membeli New York Red Bull di MLS, ekspansi ke kota Campinas dan mendirikan Red Bull Brazil yang mentas di Serie B serta memiliki RB Leipzig di Bundesliga.

Sepasang tim yang disebut pertama dan terakhir terbilang lumayan stabil. Keduanya dalam beberapa waktu belakangan sukses mentas di Liga Champions dan memberikan kejutan. Salzburg sukses mengorbitkan berbagai pemain muda potensial dan Leipzig musim lalu mampu mencapai semifinal Liga Champions dan beberapa kali menjadi penantang gelar serius di Bundesliga.

  1. Sheikh Mansour- Manchester City, Premier League – $30 Miliar

Di antara pemailik klub terkaya yang memiliki tim bola, mungkin Sheikh Mansour menjadi yang paling kaya. Ia punya harta tak kurang dari Rp 309 triliun. Dana tersebut ia dapatkan sebagai pengusaha dan bagian dari kerajaan Abu Dhabi.

Pasca akuisisi Manchester City yang ia lakukan pada 2009 lalu, Mansour mengubah City menjadi jajaran tim yang hampir tak pernah keluar dari empat besar sejak 2010 lalu. Berbagai gelar di kancah domestik pun pernah diraih di Sky Blues, termasuk empat gelar Premier League dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Sleain City, Sheikh Mansour juga mendirikan City Football Group (CFG) guna mencari bakat muda anyar, promosi sistem marketing dan menjadi sister club bagi Manchester City di berbagai Negara. Saat ini, ada 9 tim yang bernaung di bawah CFG termasuk New York City FC, Melbourne City, Yokohama F Marinos, Girona dan berbagai tim lain.

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net