5 Pemain Inggris yang Pernah Main di Indonesia

5 Pemain Inggris yang Pernah Main di Indonesia

Liga Cacing – Berita Bola  –  Indonesia menjadi tempat yang tepat bagi pesepakbola asing yang ingin menjejal karir di Asia Tenggara. Banyak pemain dari berbagai Negara yang pernah mentas di tanah air, termasuk Inggris. Meski jumlahnya sedikit, tercatat ada lima eksponen Negeri Ratu Elizabeth yang sempat menjejal karir di Indonesia.

Meski secara kompetisi Liga Indonesia kurang gemerlap jika dibandingkan dengan Malaysia Super Leagu dan Thai League, kompetisi nasional menghadirkan fantasime dan euphoria yang lumayan tinggi kala laga ditandingan di Stadion. Selain itu, faktor bayaran yang lumayan mumpuni dari tim-tim asal Indonesia seakan menjadi magnet tersendiri bagi para pemain asing.

Tercatat, berbagai pemain dari Negara macam Argentina, Brazil, Uruguay, Paraguay hingga deretan Negara di Afrika dan Asia lain kerap datang dari pergi untuk berkompetisi di Indonesia. beberapa di antara mereka bahkan ada yang mengantongi status sebagai WNI dan sempat memperkuat Timnas lantaran sudah lama mentas di tanah air.

Namun dari pemain lintas Negara, sangat sulit menemukan pemain asal Inggris yang mentas di Indonesia. banyak alasan yang menyertai minimnya pemain asal Negeri Ratu Elizabeth untuk mentas di tanah air.  Kebanyakan pemain asal Inggris tak memiiki teknik yang mumpuni dan kerap mengandalkan kekuatan fisik.  Hal ini jelas berbeda dengan pemain asal Amerika Latin dan berbagai Negara lain yang kerap mengandalkan skill dalam permainan.

Baca Juga: 5 Jebolan La Fabrica yang Sukses di Tim Lain

Beberapa waktu lalu, Pelatih asal  Inggris yang sempat menukangi beberapa tim lokal macam Persiba Balikpapan, Persipura Jayapura, dan PSMS Medan, Peter Butler, menyebut sepak bola Indonesia memang tak cocok buat pemain asal Britania Raya lantaran kondisi finansial tim Indonesia tak sesuai dengan pemain asal Inggris.

“Kalau pun ternyata ada (pemain Inggris di Indonesia), dia pasti punya alasan unik,” ungkap Peter Butler dalam sesi wawancara dengan Bola.com di Surabaya pada 2018.

Meski begitu, tercatat ada lima pemain asal Inggris yang semapt membela tim Indonesia. kebanyakan dari mereka sempat menjejal ketatnya persaingan di Premier League dan mentas di Tanah Air kala karirnya terlihat sudah mulai meredup. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

  1. Lee Hendrie

Lee Hendrie boleh dibilang sebagai pembuka gerbang pemain Inggris yang mentas di Indonesia. Hendrie didatangkan Bandung FC yang mentas di Liga Primer Indonesia dari Aston Villa. Kabarnya sang pemain mendapatkan gaji besar plus fasilitas dan mobil mewah selama merumput di Bandung.

Namun, performa sang pemain bersama tim anyarnya jauh dari kata mengesankan. Hendrie hanya tampil sebanyak 16 laga dan hanya mencetak tiga gol. Karirnya di Indonesia berjalan sangat singat. Setelahnya, ia memutuskan mudik ke kampung halamannya dan membela sederet tim gurem.

  1. Marcus Bent

Mantan pemain Everton, Marcus Bent sempat menjejal karir di Indonesia bersama Mitra Kukar pada 2011. Memiliki reputasi sebagai salah satu striker kenamaan di Inggris, tak salah jika Naga Mekes berharap banyak kepada pemain asal Inggris ini.

Namun kenyataan yang terjadi justru jauh panggang dari api. Bent tak mampu berbuat banyak dalam karir singatnya di Indonesia. Ia mengalami kesulitan adaptasi dan hanya mengepak 11 laga serta empat gol. Tragisnya, pada putaran kedua Liga, namanya harus dicoret dari skuat.

Pasca membela Kukar, ia sempat berkarir sebentar di dua tim non liga Inggris yakni Wick dan Cornard United.

  1. Carlton Cole

Di antara lima nama yang tersemat dalam daftar, nama Carlton Cole jelas menarik perhatian lantaran ia sempat memenangi gelar Premier League bersama Chelsea dan Scottish Premiership bersama Chelsea. Reputasinya di Inggris pun terbilang lumayan besar.

Cole datang ke Persib dengan status bebas transfer pasca kontraknya dengan kontestan (United Soccer League Championsip (USLC), Sacramento FC berakhir. Ia menjadi marquee player bersama Michael Essien. Eksposur besar jelas didapatkan Persib kala mendatangkan sepasang pemain Premier League. Nama yang disebut kedua sempat bersinar namun tidak dengan Cole.

Total, Cole hanya bermain sebanyak lima laga dengan dua di antaranya berstatus sebagai starter. Namun, dalam kesemaptan tersebut, ia tak mampu mencetak satu pun gol dan Persib memutuskan untuk mengakhiri kontrak sang pemain pasca pemain kelahiran Croydon itu tak bisa memberikan kontribusi bagi tim.

Baca Juga: 5 Pemain Free Agent dengan Harga Termahal

  1. Danny Guthrie

Guthrie datang ke Indonesia pasca karirnya mulai meredup. Sebelum bergabung dengan Mitra Kukar pada 2018, namanya tercatat sempat membela beberapa tim papan tengah Premier League macam Newcastle United, Bolton Wanderers dan beberapa tim Championsip.

Ia sempat mengepak 30 laga di Mitra Kukar dan mengepak sepasang gol dalam kesempatan tersebut. Namun karirnya di Tanah Air berjalan singkat lantaran di akhir musim, Naga Makes harus terdegradasi ke liga 2.

Setelah membela Kukar, Guthrie pun memutuskan membela Walsall. Karirnya di tim LeagueTwo itu berjalan hingga Februari 2021. Saat ini, ia berstatus free agent dan belum ada tim yang tertarik melakukan pendekatan kapada sang pemain.

  1. Adam Mitter

Dibanding pemain lain, nama Adam Mitter bukanlah pemain yang sempat membela tim Premier League. Sebagian besar karirnya lebih banyak dihabiskan membela tim-tim divisi bawah Inggris. Ia juga sempat berkarir di Singapura, Filipina dan India sebelum bergabung.

Mitter didatangkan Persiraja pada Liga 1 2020. Ia sempat mentas dalam tiga laga awal Laskar Rencong sebelum kompetisi dihentikan lantaran pandemi Corona. Karirnya pun berjalan cukup singkat di Indonesia. Masih belum bisa diperdebatkan apakah sang pemain bisa dikatakan gagal atau tidak kala mentas di tanah air.

Saat ini, nama Mitter tercatat sebagai punggawa Rayong FC yang mentai di Thai League. Ia tampil reguler di tim tersebut dengan mencatatkan 11 laga di kompetisi domestik dan mampu mengoreksi satu assit.

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net