5 Pemain Indonesia dengan Harga Pasar Tertinggi

5 Pemain Indonesia dengan Harga Pasar Tertinggi

Liga Cacing – Berita Bola – Membicarakan pemain Indonesia, banyak pemain yang datang dan pergi dari satu klub ke klub lain pasca kontraknya rampung. Meski begitu, ada pemain asli Indonesia yang memiliki harga pasar lumayan tinggi.

Sudah menjadi kebiasaan tim lokal Indonesia memberikan kontrak jangka pendek kepada para pemainnya. Kontrak berdurasi satu tahun diberikan sebagai langkah aman agar risiko pemain yang jarang merumput lantaran cedera panjang atau performanya tak sesuai ekspektasi bisa sedikit diminimalisir.

Biasanya, pasca kontrak rampung, para pemain memiliki opsi untuk memperpanjang masa baktinya atau hengkang ke klub lain yang siap memberikan bayaran lebih besar. Untuk kasus liga Indonesia sendiri, opsi kedua lebih banyak dipilih. Oleh karena itu, perpindahan pemain dari satu klub ke klub lainnya masif terjadi setiap tahunnya.

Meski begitu, tak berarti pemain Indonesia tak memiliki nilai pasaran. Jika mengutip laman transfermarkt, sebuah web yang menyediakan info lengkap terkait statistik pemain, klub hingga harga jualnya di pasaran turut memasukan harga yang tepat bagi para sineas kulit bundar tanah air.

Baca Juga:  5 Pemain Asia dengan Harga Jual Termahal

Mengutip laman transfermakrt, Timnas Indonesia secara keseluruhan memiliki total 30 pemain dengan valuasi total 5,5 Juta Euro atau setara dengan Ro 94,7 Miiar. Namun, ada lima pemain yang memiliki harga jual tinggi. Harga jual sendiri dibutuhkan sebagai acuan angka yang bisa diambil tim peminat untuk mentransfer seorang pemain saat ia masih memiliki durasi kontrak.

Penentuan harga jual seorang pemain bisa ditentukan dari besarnya kontribusi yang ia berikan kepada klub. Semakin tinggi peran yang ia berikan dalam permainan dan mampu mendongkrak performa tim, semakin terkerek naik pula harga pasarannya. Hal sebaliknya juga berlaku saat valuasi harga pemain terlihat turun.

Namun, valuasi tersebut bisa saja berubah tergantung kebijakan tim yang mengontrak. Bisa saja klub menginginkan dana di atas valuasi yang sudah ditentukan kepada tim peminat yang mengininkan pemain mereka.

Menilik daftar, ada lima nama lokal yang masuk dalam jajaran pemain Indonesia termahal. Sejatinya, ada nama Ilija Spasojevic. Namun, kami tak memasukan namanya lantaran yang bersangkutan merupakan produk naturalisasi, bukan pemain yang besar dan lahir di Indonesia. Lantas, siapa saja pemain termahal asli Indonesia menukil laman transfermarkt? Berikut daftarnya.

  1. Febri Haryadi (Persib Bandung, 325 Ribu Euro)

Febri Haryadi ada dalam daftar teratas pemain berlabel Timnas dengan harga termahal. Punggawa Persib Bandung ini punya kontribusi yang lumayan besar bagi Pangeran Biru. Sejak mentas di tim utama pada 2016 lalu, ia sukses mengoreksi 78 laga di berbagai kompetisi dan mencetak 14 gol serta 15 assist bagi Persib.

Saat ini sang pemain memiliki valuasi harga 325 Ribu Euro atau setara dengan Rp 5,6 Miliar. Angka tersebut merupakan valuasi minimal yang harus dikeluarkan tim andai menginginkan jasa Fabri saat kontraknya masih berjalan bersama Persib Bandung.

  1. Evan Dimas (Bhayangkara FC, 300 Ribu Euro)

Evan Dimas sukses menjadi primadona kala ia mentas bersama Timnas U-19 beberapa waktu lalu. saat usianya 17 tahun, Persija Jakarta sempat ingin mengontraknya namun tim junior Persebaya meminta mahar tak kurang dari Rp 500 juta. Kesepakatan pun urung terjadi kala itu.

Kini, sang pemain sukses bertransformasi sebagai salah satu gelandang menjanjikan. Ia sempat melalangbuana bersama tim besar macam Persebaya, Bhayangkara FC, Persija Jakarta dan Barito Putera. Ia juga sempat mentas sebentar di Liga Malaysia bersama Selangor FC. Evan saat ini memiliki nilai pasar seharga 300 Ribu Euro atau setara dengan  Rp 5,1 Miliar

  1. Osvaldo Haay (Persija Jakarta, 300 Ribu Euro)

Tanah Papua seakan tak ingin berhenti menghasilkan mutiara anyar di kancah pesepakbolaan nasional. Pasca Elie Aiboy, Boaz Sollosa dan Octaviano Maniani, hingga Patrich Wanggai tanah Papua punya pemain muda yang siap bersinar dalam diri Osvlado Haay.

Pemain 22 tahun sempat merasakan gelar juara bersama Persipura pada 2015/16 silam. Sang pemain pun sempat melalangbuana ke berbagai tim lain macam Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta. Namun sampai saat ini, ia belum mendapatkan gelar juara kembali.

Osvaldo memiliki kemampuan mengreasikan serangan dari sektor kiri penyerangan. Sejauh ini, ia sudah mengoleksi 77 laga saat mentas bersama berbagai tim dan sukses mengoreksi 25 gol serta 9 assist. Harga jualnya saat ini ada di angka 300 Ribu Euro atau setara dengan  Rp 5,1 Miliar

Baca Juga:   5 Pelatih Muda yang Siap Bersinar di Eropa

  1. Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners, 300 Ribu Euro)

Asnawi Mangkualam sukses menjadi primadona baru pasca dirinya bergabung dengan kontestan K-League 2, Ansan Greeners. Ada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong di balik kepindahannya ke Negeri Gingseng. Shin menilai jika Asnawi merupakan pemain yang punya teempat spesial di hatinya. Ia juga yang merekomendasikan Ansan untuk merekrut sang pemain.

Kini, mantan punggawa PSM Makassar sudah mengepak dua laga di seluruh kompetisi speakbola Korea Selatan. Sang pemain memiliki ambisi untuk mentas di Eropa dan andai terus tampilkan konsistensi dalam permainan, bukan tak mungkin hal tersebut bisa terwujud. Harga jualnya saat ini ada di angka 300 Ribu Euro atau setara dengan  Rp 5,1 Miliar

  1. Fachrudin Aryanto (Madura United, 250 Ribu Euro)

Sosok Fachrudin Aryanto memiliki reputasi sebagai bek tengah tangguh bagi klub yang dibelanya macam PS Sleman, Madura United, Sriwijaya FC hingga Persija Jakarta. Tak ayal, ia kerap mentas di level Timnas Senior.

Kehadiran Fachrudin seakan menjadi anomali di lini belakang. Kala banyak tim mengimpor para pemain asing guna memperkuat daerah pertahahan. Namanya hadir sebagai sosok yang tak tergantikan berkat kepiawaiannya menggalang lini terakhir pertahanan. Pemain 32 tahun memiliki valuasi harga di angka 250 Ribu Euro atau setara dengan Rp 4,3 Miliar

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net