5 Pemain Asing Terpopuler yang Gagal Bersinar di Liga Indonesia

5 Pemain Asing Terpopuler yang Gagal Bersinar di Liga Indonesia

Liga Cacing – Berita Bola – Setiap tahun, selalu ada pemain asing anyar yang merapat ke Liga Indonesia. Bahkan, beberapa waktu lalu ada pemain asing berlabel populer yang mentas di kompetisi teratas tanah air. Namun sayangnya mereka gagal bersinar.

Indonesia, seakan menjagi magnet bagi para pesepakbola asing yang mendapatkan popularitas sekaligus gaji besar. Tak hanya itu, fanatisme yang besar di berbagai daerah seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemain asing untuk merapat ke tanah air.

Geliat pemain asing top yang mentas di Indonesia sejatinya sempat tercium di medio 90an. Beberapa tokoh penting macam Mario Kempes, Roger Milla hingga Didier Zokora dan Michael Essien sempat mentas di tanah air. Mayoritas nama-nama yang disebut di atas mampu mendulang kesuksesan.

Namun ternyata, ada beberapa nama top yang justru gagal berkembang di Indonesia. uniknya, empat nama  yang tersemat di bawah sempat merasakan ketatnya persaingan mentas di Premier League. Siapa saja mereka?

Baca Juga:  7 Pesepakbola Muslim Terbaik yang Bakal Main di Bulan Puasa

  1. Carlton Cole (Persib Bandung)

Secara mengejutkan. Carlton Cole memutuskan hengkang ke Indonesia pasca kontraknya bersama United Soccer League Championsip (USLC), Sacramento FC berakhir. Ia menjadi marquee player bersama Michael Essien. Eksposur besar jelas didapatkan Persib kala mendatangkan sepasang pemain Premier League. Nama yang disebut kedua sempat bersinar namun tidak dengan Cole.

Pemain asal Inggris yang sempat memperkuat Chelsea ini justru tampil melempem bersama Persib Bandung, Cole sempat mentas selama lima laga namun tak pernah sekalipun membuat gol untuk Maung Bandung. Reputasi besarnya di Inggris seakan menguap begitu saja kala ia mentas di Indonesia.

  1. Ivan Bosnjak (Persija Jakarta)

Sebelum era Marco Simic, Persija sempat mendatangkan penyerang Kroasia lain dalam diri Ivan Bosnjak. Sosok yang sempat mentas di Piala Dunia 2006 ini gagal membuktikan diri dengna hanya menceploskan empat gol dari 14 laga yang dimainkan bersama Macan Kemayoran di musim 2014 lalu.

  1. Lee Hendrie (Bandung FC)

Ekspektasi ebsar jelas mengiringi kedatangan Lee Hendrie ke Indonesia. Pertama, ia merupakan jebolan Premier League dan banyak malang melintang bersama Aston Villa. Kedua, sosoknya hadir sebagai maquee player pertama untuk kompetisi Indonesia Premier League (IPL). Namun kenyataan justru jauh panggang dari api.

Hendrie hanya tampil sebanyak 16 laga dan hanya mencetak tiga gol. Karirnya di Indonesia berjalan sangat singat. Setelahnya, ia memutuskan mudik ke kampung halamannya dan membela sederet tim gurem.

Baca Juga:  5 Pemain Indonesia dengan Harga Pasar Tertinggi

  1. Eric Djemba-Djemba (Persebaya Surabaya)

Eric Djemba-Djemba mungkin bukan pemain reguler dalam skuat Manchester United di musim 2003-2005. Namun pemain Kamerun itu sempat mencicipi besutan tangan dingin Sir Alex Ferguson dan memenangi satu Piala FA dan Community Shield saat berseragam Red Devils.

Pasca memebela United, Djemba-Djemba menjadi the Journeyman. Ia kerap berpindah dari satu klub ke klub lain. Hingga akhirnya, sang pemain sempat hijrah ke Persebaya Surabaya pada 2015 lalu. namun lantaran Indonesia disanksi FIFA, Persebaya dengan berat hati harus memutus kontrak sang pemain.

  1. Marcus Bent (Mitra Kukar)

Nama Marcus Bent sempat berkibar kala membela beberpaa tim Premier League macam Ipswich Town, Everton, Charlton Althletic hingga Birmingham City. Di tahun 2011, ia sempat menerima pinangan Mitra Kukar. Gabungnya Bent dengan skuat Naga Makes jelas menjadi kejutan tersendiri.

Di tengah ekspektasi besar yang hadir di pundaknya, Bent justru gagal membuktikan diri. Ia mengalami kesulitan adaptasi dan hanya mengepak 11 laga serta empat gol. Tragisnya, pada putaran kedua Liga, namanya harus dicoret dari skuat. Pasca membela Kukar, ia sempat berkarir sebentar di dua tim non liga Inggris yakni Wick dan Cornard United.

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net