5 Pelatih Sepakbola Tertua di Dunia

5 Pelatih Sepakbola Tertua di Dunia

Liga Cacing – Berita Bola – Peran pelatih dalam dunia sepakbola terbilang lumayan besar. Perannya bisa membawa dampak signifikan bagi kesuksesan tim. Tak jarang, ada sosok pelatih yang lama menukangi tim atau menjejal karir manajerialnya.

Arsene Wenger dan Sir Alex Ferguson menjadi contoh. Dua sosok ini menjadi sosok yang lumayan lama menangani Arsenal dan United. Berbagai gelar berhasil diraih keduanya. Bahkan, Sir Alex mampu memberikan treble winner bagi United di musim 1998.

Namun era keduanya kini sudah berakhir seiring berjalannya waktu. Tak banyak memang pelatih yang masih melatih hingga usia 70 tahun lantaran pendekatan taktik yang diterapkan bakal terasa usang melawan taktik pada pelatih yang memiliki filosofi permainan yang lebih modern.

Meski begitu, masih ada berbagai pelatih senior yang masih melatih dan menolak untuk berhenti. Saat ini, menukil laman transfermarkt, ada lima pelatih berusia di atas 70 tahun dan masih melatih tim-tim top flight di berbagai kompetisi di dunia. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

Baca Juga:  7 Pesepakbola Muslim Terbaik yang Bakal Main di Bulan Puasa

  1. Edoardo Reja (75 Tahun, Albania)

Edi Reja, begitu sapaan akrabnya sudah banyak makan asam garam di dunia sepakbola. Pasca pensiun sebagai pemain di tahun 1977, ia memutuskan untuk banting setir di dunia manajerial dua tahun berselang.

Mulai dari musim 1979 sampai hari ini, Reja terbilang masih aktif menangani tim. Serangkaian kesebelasan Italia pernah ia besut termasuk Lazio dan Atalanta. Namun karirnya boleh dibilang tak terlalu mentereng. Tak banyak trofi mayor yang ia dapatkan. Saat ini, pelatih berdarah Slovenia masih aktif melatih Timnas Albania.

  1. Jesualdo Ferreira (74 Tahun, Boavista)

Jesualdo Ferreira merupakan pelatih asal Portugal yang banyak malang melintang bersama tim-tim asal Portugal sejak 1980an. Ia tercatat sempat menangani tim-tim besar macam Braga, Sporting CP, Benfica hingga FC Porto. Headline karirnya ada di tim yang disebut terakhir.

Bersama Porto, ia sempat meraih berbagai gelar domestik macam 3 gelar Liga Portugal, sepasang Piala Liga dan satu Piala Super Portugal. Jesualdo sempat betualang ke Mesir, Qatar dan Brazil.

  1. Oscar Tabarez (74 Tahun, Uruguay)

Nama Oscar Tabarez sekaan sudah ditakdirkan untuk membesut Uruguay. Ia sudah menangani La Celeste selama dua periode. Puncaknya kala Tabarez sukses memberikan gelar Copa America 2010.  Saat ini ia ada di periode keduanya. Mulai melatih pada 2006 dan kontraknya bakal rampung pada 2022 mendatang.

Baca Juga:  5 Pemain Asing Terpopuler yang Gagal Bersinar di Liga Indonesia

  1. Yuri Semin (73 Tahun, Free Agent)

Mantan juru gedor Uni Soviet bertransformasi menjadi pelatih kala ia pensiun sebagai pemain. Semin banyak melatih berbagai tim dari Rusia dan Negara Eropa Timur lain. Meski begitu, headline karirnya justru melesat bersama Lokomotiv Moscow.

Di tim asal Ibu Kota Rusia, ia mendulang tiga gelar Liga Rusia dan enam Piala Rusia serta asepasang Piala Super Rusia. Ia juga sempat menuai kesuksesan kala membesut Dynamo Kiev di Ukraina.

  1. Roy Hodgson (73 Tahun, Crystal Palace)

Meski merupakan pelatih asal Inggris, Roy Hodgson justru meraih banyak kesuksesan di luar Negeri Ratu Elizabeth. Ia sempat menjuarai Liga Swedia bersama dua tim berbeda ( Halmstads dan Malmo). Satu gelar Liga Denmark bersama Copenhagen dan Piala Super Swiss bersama Xamax.

Pelatih yang kin berusia 73 tahun sempat melalang-buana di berbagai Negara seperti Uni Emirat Arab, Italia, Finlandia hingga Australia. Di luar prestasi tersebut, Hodgson jarang memberikan kontribusi bagi tim yang ia latih.

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net