5 Mantan Pesepakbola Top yang Menjadi Politisi

5 Mantan Pesepakbola Top yang Menjadi Politisi

Liga Cacing – Berita Bola- Bursa pencalonan untuk menjadi politisi seakan menjadi hal yang seksi untuk diikuti siapapun, termasuk pada mantan pesepakbola dunia. Saat ini, ada lima mantan pesepakbola top yang pernah atau sedang duduk menjadi seorang politisi.

Dengan menjadi politisi di suatu pemerintahan sebuah negara, seseorang bisa saja merubah haluan kebijakan pemerintahan melalui berbagai hal ataupun membaut sebuah kebijakan baru yang bisa saja menimbulkan pro dan kontra.

Hal tersebut nampaknya menjadi ladang yang seksi bagi semua orang tak terkecuali pesepakbola.  Mantan pesepakbola asal Prancis, pernah menjadi ketua UEFA beberapa waktu lalu. Ia sempat melakukan berbagai aksi kontroversi, termasuk kasus korupsi yang melibatkan dirinya dengan mantan presiden FIFA, Sepp Blatter.

Selain menjadi pejabat di ranah sepakbola, beberapa mantan pesepakbola sempat pula menjadi pejabat publik bagi negaranya masing-masing. Pele misalnya. Pemenang tiga Piala Dunia itu sempat menjadi menteri olahraga Brazil pada 1995-1998 lalu. Selain Pele, Zico juga sempat menjabat posisi yang sempat ditempati Pele pada medio 90an.

Baca Juga:  5 Tim Sepakbola yang Punya Tim Esports FIFA

Di luar dua nama tersebut, ada pula lima nama lain yang penah dan masih menjabat sebagai politisi. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

  1. Romario

Romario dikenal sebagai kapten Brazil di Piala Dunia 1994 memutuskan berkarir di dunia politik pasca pensiun serbagai pesepakbola. Ia sempat mengikuti pemilu pada 2010 lalu dan memenangkan pemilu sebagai wakil dari partai Sosiaslis Brazil.

Pasca terpilih sebagai pejabat publik, Romario sempat memprotes Brazil yang mengambil bagian sebagai tuan rumah Piala Dunia 2014 lalu. menurutnya, ajang tersebut hanya membuang-buang uang Negara. Romario sempat memutuskan keluar dari partai sosialis pada 2017 lalu dan bergtabung dengan partai Sentris, Podemos. Setahun berselang, ia sempat mencalonkan diri sebagia gubernur Rio de Jeneiro, namun usaha tersebut gagal.

  1. Sol Campbell

Mantan pemain Tottenham, Arsenal dan Porsmouth ini sempat terliibat dalam peta perpolitikan Inggris pasca pensiun sebagai pemain. Campbell sempat menyelaraskan diri dengan partai Konservatif dan ingin bergabung  pada 2014 lalu guna mendulang “black vote: pada 2014 lalu. namun sayang, usaha tersebut gagal.

Saat ini, Campbell sempat terjun di dunia sepakbola dan menangani Macclesfield Town dan Sothend United. Namanya bahkan digadang sebagai kandidat kuat calon pelatih Timnas Inggris U-21.

  1. Hakan Sukur

Top skor sepanjang masa Timnas Turki serta legenda hidup Galatasaray ini memutuskan untuk terjun ke dunia politik pasca ia memutuskan pensiun sebagai pesepakbola. Sukur sempat memenangi satu kursi di Parlemen Turki pada 2011 lalu. Saat itu, dirinya sempat tergabung dalam Partai keadilan dan pembangunan Turki.

Dua setengah tahun berselang, Sukur sempat mengundurkan diri dari partai dan duduk di Parlemen sebagai anggota independen. Pada 2016, surat penangkapannya dibuat lantaran ia terlibat dengan kelompok terror. Ia sempat dituduh sebagai pihak separatis dan menghina presiden  Recep Tayyip Erdogan di Twitter.

Kabar terbaru menyebut jika Sukur saat ini tengah menjadi supir taksi online di Amerika guna menyambung hidup lantaran semua aksesnya seperti rumah dan tabungannya disita oleh Erdogan. “Saya tidak punya apa-apa lagi, Erdogan mengambil segalanya: hak saya untuk kebebasan, kebebasan berekspresi, dan hak untuk bekerja,” katanya kepada surat kabar itu.

Baca Juga: 5 Tim dengan Rataan Pemain Termuda di Dunia

  1. Cuauhtémoc Blanco

Legenda hidup Timnas Meksiko ini sempat mengecap 23 tahun karirnya sebagai pesepakbola, pasca pensiun, Blanco sempat memenangi pemilihan presiden Cuernavaca. Ia sempat menjadi pejabat publik mulai 2015-2018 lalu.

Blanco sempat berpindah haluan dari partai sosial demokratis ke partai pertemuan sosial. Ia sempat maju sebagai kandidat gubernur Morelos pada 2018  dan masih menjabat di posisi tersebut sampai hari ini.

 

  1. George Weah

Di antara empat nama yang ada di atas, mungkin karir George Weah sebagia politisi menjadi yang paling klimaks. Ia terpilih menjadi Presiden Liberia pada 2018 lalu dan masih memimpin jabatan tersebut sampai hari ini. Namanya juga tercatat sebagai presiden termuda yang pernah menjabat di Negera Afrika.

Mantan pemain AC Milan dan peraih gelar Ballon d’Or pada 1995 sempat menjejal karir untuk menjadi senator di partai Demokratik pada 2005. Ia bahkan sempat mencalonkan diri sebagai presiden di tahun yang sama namun usahanya harus gagal. Sebagai presiden Liberia, Weah saat ini tengah mencoba memulihkan ekonomi negaranya yang tengah goyang

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net