5 Mantan Pesepakbola Terkaya di Dunia

5 Mantan Pesepakbola Terkaya di Dunia

Liga Cacing – Berita Bola – Anggapan sepakbola bisa merubah nasib seseorang memang bukanlah isapan jempol belaka. Banyak pesepakbola yang hidupnya berubah pasca menuai kesuksesan di lapangan hijau.

Di Brazil sempat muncul idom jika ada dua pilihan yang bisa diambil anak-anak di negeri samba kala beranjak dewasa guna menjadi kaya raya. Pertama, dengan menjadi pesepakbola dan kedua dengan menjadi penjahat.

Sudah bukan rahasia umum jika Brazil banyak menelurkan talenta-talenta berbakat yang sukses dan bergelimang harta kala menjadi pesepakbola profesional. Ada jalan panjang nan berliku yang harus mereka tempuh guna mendapatkan kesuksesan tersebut.

Beberapa nama seperti Ronaldinho, Neymar, Ronaldo Luiz hingga Gabriel Jesus adalah contoh mereka yang dari kalangan biasa bisa sukses dari sisi finansial lantaran sepakbola. Hal itu seakan menjadi pemicu bagi para talenta muda Brazil agar bersungguh-sungguh mengejar mimpinya sebagai pesepakbola.

Baca Juga:  5 Superstar Sepakbola yang Pernah Bermain di J-League

Di sisi lain, Brazil juga menghasilkan banyak sosok kriminal yang tak ingin berpikir panjang guna mendapatkan banyak uang. Mungkin banyak dari kita yang pernah melihat video di kanal youtube tentang bar-barnya segelintir remaja di Brazil yang nekat mencuri pada siang bolong. Bahkan, tak sedikit pula yang memainkan peran sebagai pengedar narkoba guna mendulang banyak uang via cara yang instan.

Meski nyatanya sukses kala aktif bermain sepakbola, tak jarang banyak pula pesepakbola yang bangkrut lantaran tak mampu mengolah kekayaannya dengan baik kala masa jayanya dulu. Paul Gascoigne merupakan salah satu contoh pesepakbola yang hancur lebur pasca pensiun. Kegemarannya untuk mabora plus foya-foya hingga ia pensiun membuat Gazza sepat dinyatakan bangkrut beberapa waktu lalu.

Namun, tak sedikit pula mantan pesepakbola yang menjadi kaya raya lantaran pandai mengelola keuangan mereka dan bisa menikmati masa pensiun dengan tenang dan santai berkat gelontoran uang yang mereka miliki. Siapa saja mereka? berikut, adalah daftar lima pesepakbola terkaya vesi Celebrity Net Worth, Forbes dan The Richest.

  1. David Beckham ($450 Juta)

Sejak menikahi Victoria Adams, Becks menjadi sosok yang berbeda. Ia sudah bukan lagi pesepakbola biasa. Pamornya sudah setara dengan selebritis. Pernikahan tersebut juga membuat citranya terangkat. Berbagai produk brand global dunia seakan antri untuk mendapatkan jasa Beckham sebagai ambassador mereka.

20 tahun berkarir sebagai pesepakbola dan menjadi brand ambassador untuk berbagai merek dagang, Forbes melaporkan Becks memiliki kekayaan di angka 450 juta Dollar. Angka tersebut masih bisa bertambah seiring berjalannya waktu dan pamornya yang sama sekali belum meredup.

Saat ini, Becks tengah menjalani karir sebagai salah satu pemilik dari Franchise Major League Soccer, Inter Miami CF. ia juga diketahui menjadi ambassador sekaligus pemilik tim Esports Guild Esports. Bahkan, tim elektronik miliknya disebut sudah mencapao IPO di bursa saham London.

  1. Dave Whelan ($210 juta)

Dave Whelan boleh dibilang tidak terlalu terkenal sebagai pesepakbola yang kurang terkenal. Ia hanya memperkuat beberapa tim gurem Inggris macam Blackburn Rovers dan Crewe Alexandra. Ia hanya menghabiskan 10 tahun sebagai pesepakbola mulai dari 1956-1966.

Pria kelahiran Bradford, 84 tahun silam memulai karirnya di dunia bisnis dengan mendirikan supermarket  Whelan’s Discount Stores. Supermarket tersebut kemudian ia jual dengan mahar satu juta paun. Angka tersebut merupakan nominal yang lumayan besar pada saat itu.

Setelahnya, Whelan mengakuisisi JJB. Sebuah toko pancing dan Olahraga di Wigan. Ia mengubah toko tersebut menjadi toko olahraga terbesar kedua di UK. Setelah rangkaian kesuksesan terserbut, ia membeli Wigan Athletic pada 1995 dan merubah citra klub hingga tampil di Premier League. The Latics sempat menjuarai Piala FA pada 2013 dengan mengalahkan Manchester City di partai puncak.

Pada 2015, ia memutuskan untuk mundur dari posisinya sebagai chairman Wigan. Saat ini, menukil laman Celebrity Net Worth, harta kekayaannya diprediksi ada di angka 210 juta Dollar.

  1. Wayne Rooney ($juta)

Sejak usia muda, Wayne Rooney sudah dikenal sebagai miliarder muda pasca kepindahannya dari Everton ke Man United pada 2004 lalu. Reputasinya sebagai pesepakbola terbangun di United. Bersama salah satu tim tersukses di Inggris itu, ia mencatatkan banyak gelar baik di kancah domestik maupun interkontinental. Ia juga sukses mengepak 250 gol bersama United.

Rooney sempat kembali sebentar ke Everton dan menjejal karir di MLS bersama DC United. Pasca petualangan di Amerika Serikat, ia kembali ke Inggris guna memperkuat Derby Coutry. Bersama the Ramps, ia sempat mengemban role sebagai coach/player sebelum akhirnya diangkat menjadi manajer tim.

Pada 2019, Rooney diketahui membelikan rumah bagi istrinya sebesar 20 juta paun. Rumah di kawasan Cheshire, Inggris itu memiliki enam kamar yang lumayan besar. Selain itu, ia juga memiliki berbagai aset lain macam apartemen mewah di Port Charlotte, Florida, villa besar di Berbados dan aset-aset lain. Celebrity Net Worth melaporkan harta kekayaan Wazza ada di angka 170 juta Dollar.

Baca Juga:  5 Pemain Top yang Tak Tampil di Euro 2020

  1. Francesco Totti ($101,6 Juta)

Legenda hidup yang menghabiskan karir sepakbolanya di AS Roma ini dilaporkan memiliki kekayaan di angka 101,6 juta Dollar. Angka tersebut menjadikannya pesepakbola terkaya nomor 8 di dunia. Totti mendulang kekayaan tersebut melalui berbagai pendapatan dari sepakbola, brand ambassador gim sepakbola, film dan berbagai bisnis yang digelutinya.

Di As Roma, Totti bukanlah pesepakbola biasa. Ia adalah icon klub, mitos, hingga sosok yang tak tergantikan baik di dalam maupun luar lapangan. Total, saejak berkarir pada medio 1992 sampai memutuskan pensiun di tahun 2017, ia sukses mengepak berbagai gelar macam Scudetto, Copa Italia dan Piala Dunia 2006 lalu bersama Timnas Italia.

Ia pernah mendulang gelar individu seperti Serie A Footballer of the year (2000, 2003), European Golden Shoe (2006-07) dan the Golden Foot pada 2010. Pasca gantung sepatu, Totti sempat masuk ke dalam direksi AS Roma. Namun ia memilih mengundurkan diri dari posisinya lantaran berselisih paham dengan petinggi klub lain.

  1. Pele ($100 Juta)

Menukil laman Celebrity Net Worth, pemenang tiga Piala Dunia memiliki kekayaan pribadi sebesa 100 juta Dollar. Ia banyak memecahkan rekor di dunia sepakbola termasuk mencetak 741 gol. Namun, rekornya belakangan mampu dipecahkan Lionel Messi bersama Barcelona.

Selama berkarir, Pele semapt membela Santos dan New York Cosmos. Di tim yang disebut pertama, ia banyak mendulang kesuksesan. Sejatinya, ia sempat mendapat tawaran untuk mentas di Inter Milan dan Real Madrid namun dirinya lebih memilih untuk mentas di Amerika Serikat pada medio 70an.

Pasca pensiun, dirinya disibukan menjadi ambassador. Pada 1992, ia menjabat sebagai ambassador  PBB untuk bidang ekologi dan lingkungan. setelahnya, ia menjabat sebagai duta niat baik Unesco dan sempat menjadi menteri olahraga Brazil

Meski bergelimang prestasi, Pele tak lepas dari kontroversi. Ia dilaporkan pernah terlibat skandal UNICEF dan dituduh menggelapkan dana sebesar 700 ribu dollar. Ia juga sempat dicekal menghadiri drawing Piala Dunia 1994 lantaran berseteru dengan presiden FIFA saat itu, Joao Havelange.

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net