5 Bintang Muda Potensial yang Diageni Mino Raiola

5 Bintang Muda Potensial yang Diageni Mino Raiola

Liga Cacing – Berita Bola – Sebagai seorang agen pemain yang terbilang beken, Mino Raiola memiliki segudang pemian yang siap ia orbitkan dari satu tim ke tim lain. Di antara nama yang tersemat sebagai kliennya, ia punya lima pemian potensial yang mayoritas mentas di lima liga top Eropa. Siapa saja?

Mino Raiola, yang lahir pada 4 November 1967. Ia dan keluarga memutuskan hijrah ke Belanda guna memulai hidup baru dengan membuka restoran Italia di Negeri Kincir. Masa mudanya banyak dihabiskan sebagai pelayan resto milik keluarganya.

Selain menjadi pramusaji, Raiola menyukai olahraga tenis meja dan sepakbola. Kecintaanya terhadap dunia si kulit bundar membuat Raiola sempat ditunjuk sebagai petinggi klub lokal HFC Harleem. Namun karirnya hanya berlangsung sebetar.

Karirnya sebagai agen pemain dimulai saat ia bekerja di Sports Promotion. Kemahirannya berbicara dalam bahasa Belanda dan Italia membuatnya mendapatkan pekerjaan tersebut. ia dipercaya mengurusi segala hal yang berkaitan dengan perpindahan pemain dari Belanda menuju Italia.  Meski sudah memulai pekerjaan baru di agensi pemain, ia tak merasa senang dan mulai meniti karir membangun perusahaannya sendiri.

Baca Juga: 5 Pemain Inggris yang Pernah Main di Indonesia

Pada gelara  Piala Eropa 1996, ia menemukan bakat baru dalam diri Pavel Nedved yang kala itu memang bersinar sebagai pemain paling menonjol dalam turnamen. Nedved sempat diorbitkan Raiola dan meraih berbagai kesuksesan kala menjadi bagian dari Lazio sebelum era millennium.

Nedved pula yang pada akhirnya membuat nama Raiola bersinar. Pasca Lazio mengalami masalah keuangan pada 2001, mereka bersiap melepas para bintangnya ke tim lain. Nedved masuk dalam kategori dan banyak tim yang meminati sang pemain.

Pada akhirnya, pemain asal Republik Ceko itu dijual ke Juventus dengan harga tinggi. Transfer Nedved membuat Raiola memiliki “peran baru” sebagai agen yakni ia bisa menentukan kemana kliennya akan berlabuh kelak.

Pasca penjualan Nedved, reputasi Raiola pun mulai terbentuk. Berbagai pesepakbola terbaik pun mulai bergabung dengan agensi bentukan Raiola. Saat ini, menukil laman transfermarkt, ada lima nama besar yang saat ini masih tergabung dalam agensinya macam Paul Pogba, Erling Braut Haaland, Matthijs De Ligt, Marco Verratti hingga Gianluigi Donnaruma. Lima nama tersebut memiliki nilai pasar yang lumayan tinggi dan beberapa di antaranya menjadi komoditi terpanas di Eropa.

Selain memfokuskan pada klien berkelas kakap, Raiola juga memiliki beberapa pemain muda berbakat yang siap diorbitkan ke tim Eropa yang lebih besar. Kebanyakan nama yang ada dalam daftar di bawah masih bermain di Eredivisie dan siap direktut ke tim yang lebih besar di masa mendatang. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

  1. Ryan Gravenberch (Ajax Amsterdam, 18 Tahun)

Ajax Amsterdam nampaknya tak terlalu khawatir saat mereka kehilangan Frenkie De Jong lantaran memiliki pengganti yang tak kalah potensial dalam diri Ryan Gravenberch. Musim ini, Gravenberch sudah mulai bermain reguler dan mencatatkan 36 gol dan mencetak empat gol serta enam assist.

Kontrak sang pemain masih berjalan hingga 2023 mendatang. Ia saat ini memiliki harga pasar tak kurang dari 28 juta Euro. Sebagai gelandang bermasa depan cerah, bukan hal sulit bagi sang pemain mendapatkan pinangan dari tim yang besar dibanding Ajax.

  1. Bryan Brobbey (RB Leipzig, 19 Tahun)

Seperti Gtavenberch, Ajax juga memiiki potensi muda lain dalam diri Bryan Brobbey. Penyerang yang lebih sering mentas bersama tim muda Ajax perlahan namun pasti mendapatkan tempat di tim utama dan mengoreksi berbagai gol bagi De Godenzonen.

Namun kebersamaan sang pemain bersama Ajax harus rampung di akhir musim ini. Brobbey mengambil langkah untuk meninggalakan tim asal Amsterdam guna bergabung dengan RB Leipzig di musim depan dengan status bebas transfer. Keputusan Brobbey diklaim menjadi langkah yang tepat lantaran banyak pemain mida yang bersinar kala mentas bersama Die Roten-Bullen.

Baca Juga:  5 Jebolan La Fabrica yang Sukses di Tim Lain

  1. Riccardo Calafiori (AS Roma, 18 Tahun)

Setelah era Alessandro Florenzi, Roma memiliki regenerasi anyar di sisi fullback dalam diri Riccardo Calafiori. Fullback 18 tahun perlahan namun pasti mulai mentas di tim utama I Lupi pada musim ini. Ia sempat mengepak 5 penampilan serta satu gol di berbagai kompetisi yang dimainkan.

Meski begitu, Calafiori sempat mengalami cedera parah pada 2,5 musim lalu kala membela tim muda Roma. Ia sempat divonis tak bisa bermain lagi. Namun keajaiban masih berpihak padanya dan pemain 18 tahun  dianggap sebagai aset penting Roma di masa mendatang.

  1. Mohamed Ihattaren (PSV Eindhoven, 19 Tahun)

Di luar Ajax dan Feyenoord, PSV Eindhoven merupakan tim yang lumayan sering mengeluarkan wonderkid setiap tahunnya. Kini, dalam tim yang diarsiteki Roger Schmidt, tersemat sosok baru yang dianggap sebagai aset masa depan Timnas Belanda, Mohamed Ihattaren.

Sejak musim lalu, sang pemain mulai mendapatkan menit bermain reguler. Hal yang sama juga masih berlaku di musim ini. Namun, beberapa waktu lalu, Ihattaren punya masalah indisipliner dan sempat dibekukan dalam tim. Ada rumor yang menyebutkan jika musim ini merupakan musim terakhir sang pemain lantaran kontraknya bakal rampung pada 2022 mendatang dan pemain berdarah Maroko enggan meneken ekstensi anyar.

Musim ini, Ihattaren sudah mengepak 27 laga di berbagai kompetisi dan sukses mengepak sepasang gol serta dua assist di berbagai kompetisi yang mereka mainkan.

  1. Myron Boadu (AZ Alkmaar, 20 Tahun)

Alkmaar memiliki juru gedor anyar dalam diri Myron Boadu. Sang pemain masih berusia lumayan muda dan sukses mengepak 12 gol dalam 32 penampilannya bersama klub.  Rumor terbaru menyebutkan jika AC Milan dan Sevilla tertarik mendatangkan sang pemain.

Mino Raiola selaku agen tentunya akan “memilihkan” tim yang terbaik untuk kliennya itu. Saat ini, kontrak Boadu masih memiliki kontrak hingga 2023 mendatang dan masih belum diketahui tim mana yang akan menjadi destinasinya kelak.

Update selalu berita sepakbola dari berbagai penjuru dunia cuma di Ligacacing.net